Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami dan Medis

Cara Memutihkan Gigi – Siapa sih yang nggak mau giginya tampak putih seperti gigi bintang iklan pasta gigi? Pastinya nggak ada kan ya. Zaman sekarang gigi putih adalah dambaan setiap orang, selain terlihat bersih juga membuat senyum menjadi lebih cantik dan percaya diri.

Beberapa tahun belakangan kaum borjuis terutama selebritis telah berlomba-lomba untuk memutihkan gigi mereka. Uang yang harus dikeluarkanpun juga tak sedikit. Rata-rata bisa mencapai 100 juta rupiah. Wow! Angka yang fantastik bukan?

Lalu daripada kita ngoyo karena ingin ke klinik gigi demi mempercantik penampilan kita, alangkah lebih bijaksana apabila anda mencoba cara-cara memutihkan gigi secara alami terlebih dahulu.

Namun sebelum itu ketahui dahulu bahwa sebenarnya gigi tidak kuning karena memang asalnya yang sudah berwarna kuning. Gigi dapat mengalami perubahan warna karena beberapa faktor, antara lain:

  1. Faktor genetik
  2. Kebiasaan atau gaya hidup yang buruk misalnya suka merokok
  3. Pilihan dalam mengonsumsi makanan dan minuman
  4. Fluorosis
  5. Pernah mengalami suatu kecelakaan
  6. Kebiasaan kurang baik seperti menggerus gigi
  7. Berlebihan dalam mengonsumsi antibiotik

Perubahan Warna Gigi dan Penyebabnya

Sebelum kita menuju pembahasan tentang bagaimana caranya memutihkan gigi, marilah lebih dahulu kita mengetahui apa saja warna gigi sekaligus penyebabnya.

  1. Gigi Berwarna Kehitaman atau Kecoklatan

gigi menjadi berwarna kehitaman
http://xylem70.blogspot.co.id

Jika ada saudara, teman, atau tetanggamu, terutama laki-laki, yang giginya berwarna kehitaman atau kecoklatan, hampir sudah dapat dipastikan bahwa mereka adalah seorang perokok.

Beberapa di antara kita menyangka bahwa penyebab perubahan warna ini karena nikotin. Namun, sebenarnya tar-lah yang menjadi penyebabnya. Selain itu pewarna yang sering digunakan untuk mewarnai makanan atau minuman juga berisiko membuat gigi bisa berubah warna karena gigi dapat menyerap pewarna tersebut hingga warna alaminya mulai pudar.

Oleh karenanya, sebaiknya Anda menghindari rokok juga makanan atau minuman yang diberi pewarna gelap, hal tersebut dimaksudkan supaya warna makanan yang meresap di gigi dapat diminimalisir.

Dan tips sederhana buat kamu yang doyan minum teh atau kopi, sebaiknya gunakanlah sedotan ketika minum, hal itu dilakukan agar tak terjadi kontak secara langsung antara teh atau kopi dengan gigi.

  1. Gigi Berwarna Kehijauan dan Keoranyean

gigi berwarna menjadi kehijauan
http://nurhafiqahismail.blogspot.co.id

Terkadang ketika kamu kurang teliti dan dalam membersihkan gigi sehingga menyebabkan gigi Anda masih ‘kotor’, hal tersebut dapat menyebabkan akumulaisi pada plak gigi. Jamur dan bakteri yang terus berkembang di dalam area mulut akan menghasilkan warna hijau atau oranye di permukaan gigi.

Untuk mencegahnya, wajibkan dirimu untuk menyikat gigi di pagi hari dan malam sebelum tidur. Akan lebih baik apabila Anda melakukannya juga setiap habis makan makanan yang menimbulkan kesan kotor di gigi seperti cokelat, manisan, dan daging.

  1. Gigi Berwarna Kuning Kecokelatan dan Biru Keabuan

gigi berwarna menjadi kekuningan
https://www.vebma.com

Saat masih di taraf kanak-kanak ketika gigi masih dalam masa pertumbuhan dan juga wanita hamil yang mengonsumsi suatu antibiotik yang jenisnya tetrasiklin, hal tersebut juga akan menjadi penyebab perubahan warna gigi.

Pemakaian antibiotik dalam waktu lama memang bisa membunuh banyak macam bakteri yang bersarang di rongga mulut. Hal tersebut juga dapat membuat jamur ramai berkembangbiak.

Veneer atau bleaching gigi adalah satu-satunya solusi untuk kembali membuat gigi putih seperti sedia kala.

     4. Gigi Berwarna Menjadi Hitam Keabuan

gigi berwarna kehitaman
https://www.winnetnews.com

Warna hitam keabuan mengindikasikan adanya pembusukan di gigi. Umumnya hal tersebut diawali dari gigi yang berlubang. Cara paling cepat untuk mengatasi dan mengobatinya adalah segeralah periksakan gigi Anda ke dokter gigi agar gigi Anda yang rusak dapat diperbaiki kembali.

  1. Gigi Berwarna Menjadi Kuning Kecokelatan atau Berbercak Putih

gigi berbercak putih
https://www.rsgmladokgirem.com

Warna tersebut disebabkan oleh adanya pembusukan pada gigi yang terjadi lebih dini. Proses dari metabolisme fluroid di waktu yang lama dengan jumlah yang berlebihan dapat memunculkan bercak putih pada permukaan gigi dan membuat pembentukkan pada enamel gigi menjadi terganggu. Jika perubahan warna gigi Anda disebabkan oleh hal tersebut, segeralah kunjungi dokter untuk melakukan perawatan.

Setelah Anda semua mengetaui secara pasti tentang apa saja yang menyebabkan warna gigi berubah dan macam-macam warnanya. Kali ini kami akan memberitahu Anda bagaimana sih cara alami untuk memutihkan gigi. Yuk, simak tulisan di bawah ini.

Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Memutihkan dan melakukan serangkaian perawatan kecantikan gigi di klinik dokter gigi memang terbilang sangat mahal. Tak hanya ratusan ribu rupiah saja, bahkan bisa mencapai puluhan juta, hingga ratusan juta rupiah.

Maka dari itu cara alami untuk memutihkan gigi juga patut dilirik dong. Selain ramah di kantong hasilnya juga akan lebih alami. Berikut adalah cara-cara alami untuk memutihkan gigi :

  1. Memakai Minyak Kelapa

minyak kelapa untuk memutihkan gigi
http://ganlob.com

Minyak kelapa yang bagus untuk kecantikan dan kesehatan rambut ini juga berguna untuk memutihkan gigi secara alami.

Cara :

  • Sediakan 1 sdm minyak kelapa
  • Oleskan langsung dan merata ke seluruh bagian gigi Anda
  • Diamkan sekitar 10-15 menit
  • Buanglah minyak kelapa tersebut, lalu kumur dengan memakai air bersih
  • Sikat gigi Anda seperti biasanya
  • Lakukan cara ini setiap pagi agar napas dan mulut Anda terjaga sepanjang hari
  1. Campurkan Lemon dan Garam

memutihkan gigi dengan memakai lemon
http://tigadental.com

Lemon mengandung asam yang bisa melunturkan noda di lapisan enamel pada gigi, sedangkan garam memang dikenal sebagai eksfoliator alami yang sering digunakan sebagi scrub wajah alami. Perpaduan antara keduanya sangat pas untuk mengembalikan lagi warna alami gigi.

Cara :

  • Campur kedua bahan di dalam 1 sdt
  • Gosokkan campuran itu pada gigi Anda
  • Diamkan beberapa saat
  • Berkumurlah dengan memakai air hangat
  1. Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

baking soda untuk memutihkan gigi
http://www.paleoplan.com

Baking soda memang tidak hanya digunakan untuk pengembang kue saja, para wanita juga kerap menggunakannya sebagai scrub perontok daki di badan maupun wajah. Baking soda juga pas untuk memutihkan  sekaligus membersihakan gigi Anda serta meminimalisir bakteri yang tumbuh di area mulut.

Cara :

  • Siapkan 2 sdm baking soda
  • Campur dengan 1 sdm air hingga menjadi pasta
  • Oleskan pasta baking soda ke gigi Anda selama sekitar 3 menit
  • Berkumurlah dengan menggunakan air hangat
  • Pakailah cara ini sebanyak 1-2 kali sebulan
  1. Kumur Menggunakan Cuka Apel

memutihkan gigi dengan cuka apel

Cuka apel memang sangat dekat dengan kata dapur. Beberapa orang memang suka menggunakannya sebagai pelengkap hidangan.

Cara :

  • Siapkan 2 sdm, larutkan dengan segelas air
  • Pakailah berkumur selama kurang lebih 1 menit
  • Lalu gosoklah gigi Anda sebagaimana biasanya
  • Cara ini dapat memutihkan gigi yang berubah warna akibat suka merokok
  1. Dengan Mengoleskan Arang Kayu

memutihkan gigi dengan arang kayu
https://ohgitu.id

Arang kayu yang berwana hitam ini memang identik dengan panggangan dan sate karena kita memang sering melihat proses pemanggangan sate yang menggunakan arang sebagai bara apinya secara langsung.

Di sini ternyata arang kayu dapat menjadi pengikis noda yang menempel pada enamel gigi Anda dengan cepat.

Cara :

  • Tumbuk arang kayu hingga berubah menjadi bubuk arang
  • Campurkan bubuk dengan air secukupnya hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke gigi Anda
  • Diamkan beberapa saat, lalu berkumurlah menggunakan air hangat
  • Gunakan cara ini 2 kali dalam sebulan

Cara Memutihkan Gigi dengan Bantuan Medis

Walaupun Anda bisa memakai bahan alami untuk memutihkan gigi karena beberapa sisi positifnya seperti lebih hemat di kantong dan tanpa efek samping, namun hal itu semua tak terlalu mengurangi minat masyarakat terhadap perawatan pemutihan gigi secara medis.

Alasan umumnya karena penanganan dilakukan atau diawasi langsung oleh dokter gigi yang sudah bersertifikat. Jadi, pasien pun juga merasa lebih aman sehingga harga yang terbilang mahal pun juga dianggap wajar saja karena perawatan pemutihan gigi secara medis memang menawarkan hasil yang instan dan terbukti bagus sekaligus cantik.

Berikut adalah macam-macam cara memutihkan gigi Anda dengan bantuan medis.

  1. Menggunakan Veneer Gigi

memutihkan gigi dengan veneer gigi
https://blog.lakupon.com

Tak ayal prosedur perawatan sekaligus kecantikan gigi ini adalah yang paling digemari oleh masyarakat luas, umumnya bagi mereka yang ingin memutihkan gigi, menutup renggang atau diastema pada gigi, dan merapihkan susunan gigi secara instan.

Tehnik prosedur memakai veneer ini adalah dengan menempelkan suatu lapisan yang biasanya terbuat dari porselen ke permukaan gigi yang sudah sedikit di tipiskan terlebih dahulu. Sebelum mempraktikkan prosedur ini, dokter akan memeriksa gigi Anda agar mereka dapat membuat cetakan gigi yang pas sehingga hasil yang diberikanpun juga akan sangat memuaskan.

  1. Menggunakan Sinar UV

memutihkan gigi dengan sinar uv
https://www.cantiknyakulitsehat.com

Seringkali yang membuat gigi putih alami Anda terlihat berubah warna hingga menyebabkan Anda kurang pede adalah karena adanya karang gigi yang terbentuk di gigi Anda. Biasanya karang gigi ini kerap dijumpai di balik atau sebelah dalam gigi juga di bagian gigi yang tidak terlalu rapat.

Karang gigi ini terbentuk akibat pengendapan kotoran yang biasanya kotoran atau residu dari makanan yang kita kunyah namun kita tidak atau kurang perhatian untuk membersihkannya sehingga malah membentuk plak yang akan membuat gigi tanpak berubah warna.

Dan sekarang dengan adanya teknologi dari sinar ultraviolet, Anda akan dengan mudah memusnahkan plak atau karang gigi yang sangat mengganggu. Prosedur yang digunakan adalah dengan menempelkan suatu obat berbentuk pasta ke permukaan gigi Anda dan diaktifkan dengan memakai sinar UV. Dokter akan memakai alat khusus untuk mengoperasikannya.

Proses ini tak memakan terlalu banyak waktu. Hanya 5-10 menit saja dan terakhir Anda harus berkumur-kumur supaya obatnya hilang dengan sempurna dan gigi menjadi lebih putih.

  1. Menggunakan Teknologi Bleaching

memutihkan gigi dengan bleaching gigi
http://beauty.grivy.com

Sama dengan arti kata ‘bleaching’ yang berarti memutihkan. Prosedur ini memang dirancang untuk proses pemutihan gigi yang cukup digemari oleh kebanyakan orang.

Proses dari bleaching ini memang agak panjang dan memakan waktu hingga satu jam. Pertama-tama, gigi Anda akan dibersihkan dan plak yang menempel juga akan disingkirkan. Selanjutnya tim medis akan melapisi gigi Anda dengan gel peroksida lalu akan disinari menggunakan lampu khusus dengan sinar laser yang berguna untuk mengaktifkan sel.

Setelah melakuakan semua prosedur bleaching tersebut, Anda patut berbahagia karena gigi yang putih sesuai dambaan anda sudah berhasil didapatkan.

Apa Saja yang Perlu Dilakukan untuk Menjaga Kebersihan Gigi?

Menjaga kebersihan gigi adalah sesuatu yang sudah harus ditanamkan sejak kecil. Gigi adalah hal pertama yang akan dilihat orang lain ketika kita tengah tersenyum lebar. Tak mau kan senyuman cantikmu untuk si dia malah bikin ilfil gara-gara gigi kuning? Maka di bawah ini adalah tips untuk menjaga kebersihan gigi.

  1. Gantilah Sikat Gigi Anda Setiap 3 Bulan Sekali

mengganti sikat gigi
https://hellosehat.com

Sikat gigi yang diganti secara periodik memang diperlukan. Hal ini guna mengantisipasi kuman-kuman yang telah menempel pada sikat gigi lama Anda untuk tidak menyebar ke gigi. Selain itu sikat gigi lama yang bentuknya sudah tidak lagi datar dan sempurna seperti sikat gigi baru, daya untuk membersihkan gigi juga berkurang sehingga gigi Anda tidak bersih secara sempurna.

  1. Sikatlah Lidah Anda

menyikat lidah
http://beritahati.com

Lidah yang kotor adalah sarang kuman. Anda yang tidak suka menyikat lidah akan membuat gigi Anda kotor terkena lidah yang kotor sehingga gigi menjadi berkuman dan akan menimbulkan plak gigi. Maka sikat juga lidah Anda untuk menghindari kuman dan kotoran yang mengenai gigi.

Namun jangan memakai sikat gigi untuk membersihkan lidah. Gunakanlah alat khusus pembersih lidah agar lidah Anda bisa bersih sempurna.

  1. Jangan Asal-asalan Memilih Pasta Gigi

jangan asal memilih pasta gigi
https://kawaiibeautyjapan.com

Tak diragukan lagi, pasta gigi adalah komponen utama yang diperlukan untuk membersihkan gigi Anda. Pemilihan pasta gigi yang tepat akan semakin membuat gigi anda menjadi bersih, putih, dan sehat.

Jangan pernah asal-asalan dalam memilih pasta gigi, pilihlah pasta gigi yang mengandung kalsium peroksida, magnesium karbonat, kalsium karbonat, dan alumunium dioksida hidrasi.

Nah, itulah cara memutihkan gigi dengan bahan alami maupun secara medis. Semuanya baik dilakukan apabila sesuai prosedur. Tinggal anda sendiri yang memutuskan ingin memakai cara yang mana. Terima kasih telah membaca dan semoga tulisan kami bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Comment