Cara menghilangkan jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Ala Resep Rumahan

Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat, siapa yang tak mengenalnya? Hampir setiap orang di dunia pernah mengalami kulit berjerawat. Setidaknya saat masih remaja, pubertas membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Akibatnya kulit menjadi sering berminyak dan berjerawat. Namun begitu, kondisi seperti ini tidak hanya menyerang remaja yang masih menjalani masa peralihan, saat dewasapun orang-orang akan mudah terserang jerawat jika tak pandai-pandai merawat kebersihan dan kesehatan kulit.

Dan di era yang serba modern seperti saat ini tingkat kesadaran akan kecantikan kulit sudah merebak tak peduli dari kalangan apa mereka berada maupun dari gender apa. Laki-laki metroseksual bahkan sudah banyak ditemui. Mereka semua berlomba-lomba mengeluarkan kocek yang agak dalam hanya untuk merawat kulit.

Terbukti dengan salon-salon dan klinik kecantikan yang hampir tak pernah sepi pengunjung salon maupun klinik yang menawarkan pelayanan secara paket dengan harga yang lebih rendah akan semakin menarik peminat. Kebanyakan dari mereka yang ingin merawat kulit pasti mengeluhkan satu hal yang sama, yaitu jerawat.

Sangat menjengkelkan. Apalagi mereka tak hanya datang sekali dua kali untuk menuntaskan masalah jerawat. Sangat riskan mengingat kebutuhan hidup sehari-hari lebih penting bagi masyarakat yang tinggal di garis menengah ke bawah meskipun keinginan untuk mempercantik diri juga tak ada habisnya.

Namun demikian masih ada cara lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami yang pastinya juga lebih murah.

Di bawah ini akan saya sebut dan jelaskan cara menghilangkan jerawat secara alami. Namun sebelumnya kita juga harus mengetahui tentang penyebab jerawat bisa muncul di kulit kita, sehingga kita dapat menghindari kemunculan jerawat itu kembali.

Penyebab munculnya jerawat di wajah

sebab munculnya jerawat

Jerawat sering muncul karena beberapa aspek, contohnya kita sering memakan makanan yang mengandung minyak atau lemak seperti kacang-kacangan, susu, gorengan, dan lain-lain. Selain itu faktor iklim juga bisa berpengaruh.

Di Indonesia yang beriklim tropis, udara terasa panas karena matahari bersinar dengan terik. Bagi banyak orang yang sering terpapar sinar matahari secara langsung pasti akan lebih sering berkeringat, akibatnya kulit wajah akan berminyak sehingga menimbulkan jerawat.

Selain itu kebiasaan buruk seperti suka minum-minuman bersoda, tak membersihkan wajah dengan benar, atau meremehkan perawatan kulit juga sudah pasti membuat jerawat tumbuh subur di wajah.

Itulah beberapa penyebab utama timbulnya jerawat, dengan kita menghindari makanan tersebut dan juga selalu menjaga kebersihan kulit wajah, niscaya wajah akan terhindar dari jahatnya sebuah jerawat.

17 Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah

Bagi kalian yang ingin menghilangkan jerawat tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk pergi ke salon dan klinik kecantikan, cara-cara di bawah ini adalah sebuah alternatif yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Cara-cara ini menggunakan bahan alami yang tak menimbulkan efek samping dan tentunya mudah didapat. Pun sebelumnya kalian harus memastikan kebersihan tangan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya ke wajah.

Masker madu dan kayu manis

Masker madu dan kayu manis

Sebelumnya perlu diingat bahwa madu yang dapat digunakan sebagai masker penghilang jerawat adalah madu yang belum melalui proses apapun alias masih mentah. Karena madu yang telah diproses akan kehilangan kekuatan dalam menghilangkan jerawat.

Madu memang sangat pas dicampur dengan kayu manis. Meski memiliki kemampuan membunuh bakteri, kayu manis akan membuat kulit menjadi kering, berkebalikan dengan madu yang melembabkan kulit.

Dengan begitu formula dari campuran dua bahan itu akan menjadi obat jerawat alami yang luar biasa.

Cara menggunakan

  • Siapkan satu sendok teh madu dan seujung sendok makan kayu manis bubuk.
  • Campurkan madu dan kayu manis sehingga membentuk cairan kental berwarna cokelat. Untuk kayu manis bubuk, tambahkan sedikit demi sedikit.
  • Bersihkan wajah dengan air bersih. Akan lebih baik bila menggunakan air hangat suam-suam kuku.
  • Oleskan masker madu dan kayu manis ke seluruh wajah. Hindari area sekitar mata dan bibir karena rawan akan iritasi.
  • Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas hingga bersih

Cuka apel

cara menghilangkan jerawat Cuka apel

Cuka apel terbuat dari hasil fermentasi sari apel atau jus apel yang tidak disaring. Cairan asam ini mengandung beberapa asam organik yang mampu membunuh bakteri P. Acnes. Terutama asam susinat yang menurut penelitian ilmiah terbukti dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh bakteri tersebut.

Selain itu, cuka apel juga mengandung asam laktat yang terbukti dapat memperbaiki kulit bekas jerawat, dan dapat megurangi kelebihan minyak kulit.

Cara menggunakan

  • Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3 (untuk kulit sensitif, bisa menambahkan air lebih banyak).
  • Bersihkan kulit wajah dengan air lalu keringkan dengan handuk.
  • Oleskan masker ke wajah berjerawat dengan menggunakan cotton ball dengan lembut.
  • Biarkan selama 5-20 detik, lalu bilas dan keringkan.
  • Cara ini dapat dilakukan 1-2 kali sehari.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh menghilangkan jerawat

Siapa yang berani menampik fakta bahwa daun teh memang sudah dikenal bagus untuk kesehatan sejak zaman dulu. Ekstraknyapun dapat digunakan sebagai penghilang jerawat yang cukup efektif.

Minyak teh mengandung zat terpinem-4-ol yang disebut mampu mengusir bakteri dan jamur penyebab jerawat. Penelitian menyebutkan, pelembab yang mengandung 5% minyak teh efektif untuk mengusir jerawat.

Cara menggunakan

  • Campurkan minyak teh dan air dengan perbandingan 1:9. Aduk hingga rata. Selain air, bisa juga dicampurkan dengan minyak jojoba atau minyak biji anggur.
  • Oleskan ke bagian yang berjerawat menggunakan cotton ball.
  • Lakukan cara ini setidaknya 2 kali sehari.

Air teh hijau

Air teh hijau untuk jerawat

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga sampai sekarang banyak sekali orang yang meminum teh hijau untuk membuat kulit sehat dan awet muda. Namun, untuk mengobati jerawat, cara pengaplikasian teh ini bukan dengan diminum, melainkan dioleskan di kulit.

Sejumlah studi membuktikan bahwa dengan memanfaatkan 2-3% ekstrak teh hijau mampu membantu mengatasi pertumbuhan jerawat. Daun teh hijau yang mengandung flavonoid dan tanin mampu membunuh dan mengurangi peradangan yang menyebabkan munculnya jerawat.

Cara menggunakan

  • Rendam teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit. Lalu biarkan hingga dingin.
  • Oleskan air rebusan teh hijau ke bagian yang berjerawat dengan menggunakan kapas.
  • Biarkan kering alami, lalu bilas dan keringkan dengan handuk.

Selain airnya, ampas teh hijau juga dapat dijadikan masker dengan menyampurnya dengan madu lalu dioleskan ke wajah.

Gel lidah buaya

Gel lidah buaya atasi jerawat

Siapa yang tak kenal tanaman yang satu ini? Tanaman khas tropis yang sangat lumrah ditemui di indonesia ini menghasilka gel yang sangat bermanfaat untuk mengobati luka dan peradangan. Salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat.

Kandungan belerang dan asam salisilat dalam lidah buaya mampu menghilangkan jerawat. Selain itu gel lidah buaya juga dapat melembabkan kulit secara alami. Penggunaannya yang mudah dan murah bisa menjadi bahan pertimbangan kalian ketika akan merawat kulit.

Cara menggunakan

  • Ambil gel lidah buaya dengan sendok.
  • Oleskan gel itu ke seluruh wajah.
  • Lakukan cara ini 1-2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Madu

cara mengatasi jerawat dengan madu

Kalau di atas madu bisa dicampur dengan bubuk kayu manis, kali ini hanya madu saja tanpa campuran apapun. Madu sendiri dikenal memiliki banyak seklai khasiat. Sebuah penelitian di Selandia Baru membuktikan bahwa madu dapat meredam perkembangan jerawat.

Penelitian yang membutuhkan 136 orang yang berusia antara 16-40 tahun yang memiliki masalah jerawat. Pada penelitian itu setiap orang harus menggunakan sabun antibakteri yang telah dicampur oleh madu selama 12 minggu.

Cara menggunakan

  • Siapkan satu sendok teh madu.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan.
  • Oleskan madu ke area yang berjerawat dengan cotton ball.
  • Biarkan selama 15-30 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air biasa.
  • Lakukan perawatan ini satu kali sehari hingga wajah kembali bersih.

Masker alpukat

Masker alpukat

Alpukat memiliki kandungan asam laurat dan asam linoleat yang dapat mengatasi jerawat. Penelitian membuktikan bahwa efektivitas alpukat dalam membasmi jerawat setara dengan tretinoin yang merupakan obat yang sering dipakai untuk mengobati jerawat.

Cara menggunakan

  • Siapkan satu mangkok alpukat dan 1 sendok teh minyak zaitun.
  • Haluskan alpukat lalu tambahkan minyak zaitun.
  • Uleni hingga berbentuk pasta.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu tempelkan masker sekitar 5 menit.
  • Bilas wajah dengan air.
  • Masker ini bisa digunakan setiap hari.

Masker kunyit

Masker kunyit untuk wajah berjerawat

Kalian pasti tahu umbi berwarna kuning ini. Selain menjadi salah satu bumbu dapur, obat herbal, dan pewarna makanan, ternyata kunyit juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit, seperti menghilangkan jerawat.

Khasiat kunyit untuk perawatan kulit ini sudah dibuktikan di jurnal Phytomedicine edisi Januari 2003.

Cara menggunakan

  • Siapkan 2 sendok teh kunyit bubuk, 3 sendok teh madu, dan 1 sendok makan susu cair.
  • Campurkan semua bahan ke dalam mangkok, lalu simpan dalam kulkas selama beberapa menit.
  • Bersihkan wajah dengan air lalu aplikasikan masker ke area wajah. Pengaplikasian ini dapat dilakukan dengan menggunakan tangan maupun kuas.
  • Biarkan masker selama 1 jam.
  • Bersihkan wajah hingga benar-benar bersih menggunakan air.
  • Lakukan perawatan ini setidaknya 1 kali sehari selama 2 minggu.

Baking soda

mengatasi jerawat dengan Baking soda

Selain digunakan sebagai pengembang kue, tenyata baking soda memiliki manfaat dalam hal perawatan kulit, khususnya dalam hal mengatasi masalah jerawat dan mengangkat sel kulit mati.

Baking soda yang dioleskan ke kulit wajah efektif mengangkat sel kulit mati, juga sifatnya yang anti bakteri dapat membunuh bakteri penyebab infeksi, sehingga jerawat tidak bisa menyebar ke bagian wajah lain. Selain itu baking soda juga dapat menjaga pH kulit tetap seimbang yang membuat jerawat sukar muncul.

Cara menggunakan

  • Siapkan 2 sendok makan baking soda, 1 sendok teh bubuk kayu manis, 1 sendok teh air perasan lemon, 5 sendok makan madu.
  • campurkan semua bahan di atas lalu aplikasikan sebagai masker.
  • Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Cara ini bisa dilakukan setiap hari selama 2-3 minggu.

Minyak kayu manis

Minyak kayu manis

Minyak kayu manis adalah salah satu bumbu dapur tertua yang digunakan oleh manusia. Minyak ini berasal dari kulit pohon kayu manis.

Cara menggunakan

  • Campurkan 3-4 tetes minyak kayu manis dengan 1 sendok makan minyak zaitun.
  • Oleskan ke wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama 3-5 menit.
  • Bersihkan dengan air bersih lalu keringkan.
  • Cara ini dapat dilakukan sebanyak 3 kali seminggu.

Bawang putih

Bawang putih atasi jerawat

Banyak studi telah dilakukan untuk meneliti bawang putih dan dampaknya terhadap jerawat. Dan hasilnya, hanya dengan mengoleskan pasta bawang putih dapat mengurangi gejala munculnya jerawat. Hal itu disebabkan karena bawang putih mampu mencegah munculnya bakteri P .acnes.

Cara menggunakan

  • Siapkan 2 butir bawang putih, kemudian cacah hingga halus.
  • Simpan bawang putih yang telah dicacah dalam wadah berisi 1 sendok teh air dan diamkan selama 10 menit hingga mengental.
  • Oleskan ke bagian yang berjerawat lalu diamkan selama 10 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih.
  • Lakukan setiap hari selama seminggu.

Putih telur

Putih telur

Selain enak digoreng, putih telur juga dapat digunakan sebagai masker. Kandungan protein yang tinggi dan vitamin yang ada di dalam putih telur mampu melawan penyebaran jerawat dan mempercepat proses pembentukkan ses-sel kulit baru.

Cara menggunakan

  • Siapkan 3 butir telur, lalu pisahkan kuning dan ambil bagian puthnya.
  • Aduk hingga merata lalu diamkan beberapa menit.
  • Bersihkan wajah dengan air lalu keringkan.
  • Oleskan putih telur pada bagian yang berjerawat .
  • Sapukan 3-4 kali di tempat yang sama, namun pastikan olesan pertama sudah mengering bari bisa diolesi lagi.
  • Diamkan 20 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Air lemon

Air lemon atasi jerawat

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh dan kulit. Kandungan asam askorbat-L mampu mengurangi peradangan pada wajah yang berjerawat. Selain itu air lemon juga dapat membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbab dan menghilangkan noda pada wajah.

Cara menggunakan

  • Ambil satu buah lemon, potong jadi dua lalu peras.
  • Oleskan air perasan ini ke wajah secara merata.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Cara ini dapat digunakan minimal 1 kali sehari.

Tomat

Tomat bisa menghilangkan jerawat

Sayuran berwarna oranye kemerahan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menjaga kesehatan mata dan menghilangkan jerawat. Kandungan zat besi, belerang, kalsium, vitamin A, C, dan B1 yang terdapat dalam tomat efektif untuk menghilangakan jerawat dan mencegah peradangan akibat jerawat.

Cara menggunakan

  • Siapkan satu buah tomat matang dan segar.
  • Iris menjadi dua bagian.
  • Gosokan irisan tomat secara perlahan dan merata pada bagian kulit wajah yang berjerawat.
  • Diamkan selama 15-20 menit hingga kering.
  • Bilas dengan air kemudian keringkan.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Garam laut

Garam laut

Garam laut selain bisa digunakan menjadi scrub alami, juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Kandungan dari garam laut dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab jerawat. Manfaat lainnya adalah membantu melarutkan minyak berlebih di yang menyumbat pori-pori.

Cara menggunakan

  • Siapkan 1 sendok teh garam laut dan 3 sendok teh air panas, lalu larutkan garam ke air panas.
  • Setelah benar-benar larut, oleskan ke wajah hingga merata.
  • Diamkan 10 menit hingga mengering.
  • Bilas wajah lalu keringkan.
  • Lakukan perawatan ini sebanyak 1-2 kali seminggu.

Air beras

Air beras

Air beras memang terkenal banyak manfaat sejak zaman dahulu. Orang-orang sering menggunakannya untuk menyiram tanaman, merawat rambut, dan menghaluskan kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan awet muda. Selain itu air beras juga baik untuk menghilangkan jerawat. Cara menggunakannyapun juga sangat mudah.

Cara menggunakan

  • Siapkan air beras cucian terakhir
  • Diamkan air cucian tersebut selama 60 menit hingga bagian bawahnya mengendap seperti tepung.
  • Buang air beras secara perlahan hingga hanya tersisa bagian yang mengendap saja.
  • Oleskan endapan tersebut secara merata ke wajah.
  • Diamkan hingga mengering.
  • Bilas dengan air dan keringkan.
  • Lakukan perawatan ini setidaknya 2-3 kali seminggu.

Stroberi

manfaat stoberi untuk jerawat

Buah yang sering dibuat jus dan salad ini memiliki kandungan yang dapat mengatasi kadar minyak berlebih dalam tubuh sehingga dapat mengatasi masalah jerawat pada wajah dan punggung. Kandungan vitamin C nya juga dapat mencerahkan kulit.

Cara menggunakan

  • Siapkan beberapa buah atay potongan stroberi segar yang sudah dicuci bersih.
  • Kemudian blender dengan sampai halus.
  • Oleskan secara merata pada wajah.
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit hingga kering agar khasiatnya dapat terserap kulit.
  • Bilas wajah menggunakan air bersih lalu keringkan.
  • Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Selain dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas, perawatan masalah jerawat juga dapat dilakukan dengan cara lain seperti :

Rajin membersihkan wajah

rutin membersihkan wajah

Wajah yang kotor tentu saja menjdai sarang kuman dan bakteri sehingga munculnya jerawat dan jerawat yang membandel tak terhindarkan. Sejalan dengan kita rajin membersihkan wajah, jerawat pun juga akan semakin jarang muncul.

Jangan sentuh jerawat, apalagi dipencet

jangan pencet jerawat

Kulit di sekitar jerawat sangat mudah terkena infeksi. Jangan pernah menyentuh apalagi memencet jerawat yang memerah karena hal itu hanya akan membuat peradangan semakin parah dan dapat menimbulkan infeksi. Keadaan seperti ini membuat jerawat tidak sembuh-sembuh dan malah membekas di kulit.

Hindari makeup berlebihan

jangan makeup berlebihan

Saat sedang berjerawat, kulit diharuskan bersih agar jerawat lekas sembuh. Makeup yang berlebihan sama dengan mengotori wajah dengan suka rela. Makeup itu nantinya akan menyumbat pori-pori wajah yang berjerawat, hal ini dapat mengganggu proses penyembuhan.

Rajin berolahraga

Rajin berolah raga

Rajin olahraga memang memiliki manfaat yang luar biasa. Selain membuat tubuh menjadi sehat, olahraga juga dapat menyeimbangkan hormon yang membuat jerawat susah muncul. Akan lebih baik bila setelah olahraga kalian mandi air hangat supaya minyak dan keringat yang membawa kotoran selama olahraga bisa luruh. Menggunakan air hangat ketika mandi juga membuat badan menjadi lebih rileks dan nyaman.

Pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat

Semua hal yang memang berawal dari perut. Kalau kita makan makanan sehat maka tubuh kita juga akan sehat, dan begitu pula sebaliknya. Hal itu juga berlaku untuk masalah kulit.

Kalau kita mengonsumsi makanan berlemak jenuh, soda, alkohol, junk food, tentu saja jerawat akan lebih mudah muncul ketimbang kita makan sayur-mayur dan buah-buahan. Kurangi juga minuman manis dan perbanyak air putih juga jus buah yang menyehatkan.

Penutup

Itulah beberapa tips dan cara menghilangkan jerawat agar kulit kita senantiasa cantik dan sehat. Bahan-bahan alami seperti di atas sangat mudah ditemukan apalagi jika kita sendirilah yang menanamnya. Sungguh murah dan tentu saja bebas efek samping, bukan?

Dan ingat, merawat wajah hanya dengan manggunakan masker saja masih belum cukup jika kita masih memelihara pola hidup yang tidak sehat. Jadi sekarang, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya untuk meracik pola hidup sehat yang tak hanya akan membuat tubuh menjadi sehat, kulit pun juga akan semakin cantik dan bebas jerawat.

Leave a Comment