cara menurunkan berat badan alami

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara menurunkan berat badan – Kegemukan alias obesitas menjadi momok yang menakutkan bagi mayoritas warga dunia. Kondisi ini jika dibiarkan akan menyebabkan berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga mematikan.

Telah dilakukan riset yang mengemukakan sebuah kenyataan bahwa lebih dari 1 milyar penduduk dunia telah mengalami kelebihan berat badan, dan tiga ratus juta di antara mereka menderita obesitas. Penyebab yang paling umum dari kegemukan ini adalah kurang bergerak atau olah raga dan sering mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Umumnya obesitas berkecenderungan terjadi di negara-negara maju. Amerika sendiri adalah negara yang memiliki penduduk penderita obesitas tertinggi di dunia. Di Indonesia, angka obesitas masih terbilang rendah, namun kita juga wajib mewaspadainya.

Faktor yang menyebabkan kegemukan

Di bawah ini adalah faktor-fakto yang menyebabkan kelebihan berat badan yang harus diwaspadai :

1. Genetis

Salah satu penyebab obesitas atau kegemukan yang tidak dapat dikendalikan adalah faktor genetis. Orangtua atau sanak saudara yang memiliki kelebihan bada cenderung akan mewariskan sifat ini kepada anaknya. Jadi tidak mengherankan apabila anda melihat satu keluarga yang hampir seluruh anggotanya bertubuh gemuk.

2. Hormonal

Ada dua hormon di dalam tubuh manusia yang bertugas untuk mengendalikan berat badan, yaitu Ghrelin dan Leptin. Walaupun, dua hormon ini dipengaruhi secara genetik, tetapi fungsinya juga dapat dikendalikan oleh beberapa hal lainnya.

3. Konsumsi makanan

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohodrat, gula, dan lemak yang tinggi juga menjadi salah satu penyebab kegemukan. Karbohidrat merupakan sunmber energi paling utama dalam tubuh yang kemudian dipecah menjadi gula sederhana yang digunakan pada proses metabolisme.

Namun bila mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan, maka kelebihan itu akan disimpan oleh tubuh di dalam otot dan menyebabkan terjadinya kegemukan.

4. Kurang berolahraga

Kurang gerak atau kurang berolahraga menjadi faktor lain yang menyebabkan kegemukan. WHO memaparkan, minimnya aktifitas fisik akan menyebabkan terjadinya obesitas dan kegemukan yang di kemudian hari dapat memunculkan berbagai macam penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

5. Kurang mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayu aalah sumber vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi buah dan sayuran juga mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan. Kekurangan mengonsumsi serat akan menimbulkan penyakit sepertu kegemukan, obesitas, konstipasi, dan lain sebagainya.

6. Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat yang bila diminum dapat memicu terjadinya kelebihan berat badan seperti pil kontrasepsi atau pil KB yang rutin dikonsumsi oleh perempuan. Sebuah riset menyatakan bahwa pil yang mengandung hormon esterogen dapat menyebabkan terakumulasinya darah di dalam tubuh.

7. Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak baik dapat memengaruhi kita dalam hala kegemukan dan obesitas. Kebiasaan makan makanan siap saji dan minuman bersoda akan membuat lemak jenuh berkumpul di dalam tubuh sehingga terjadi kegemukan.

Selain itu kebiasaan bermalas-malasan juga akan membuat lemak di tubuh sulit dihancurkan.

8. Mengonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan zat adiktif yang membuat peminumnya kecanduan hingga terus-terusan meminumnya. Padahal alkohol dapat membuat seseorang mengalami kegemukan dan obesitas.

Di dalam alkohol terkandung banyak sekali kelori dan dapat memicu rasa lapar pada pecandunya. Pada umumnya orang yang suka meminum alkohol cenderung makan lebih banyak dari pada orang lain, dan makanan yang dimakan pun juga yang tinggi kalori.

9. Kerusakan pada otak

Salah satu penyebab kegemukan yang lain adalah kerusakan pada otak. Di tahun 1840, seorang dokter di negara Jerman pasien yang mengalami kerusakan pada otaknya, terutama di bagian hypotalamus dan dengan cepat pasien itu mengalami kenaikan berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar orang telah melakukan apapun untuk menurunkan berat badan. Mulai dari diet sehat, diet ketat yang sangat berisiko, hingga melalui pintu bedah plastik untuk mengeluarkan lemaknya secara instan.

Namun begitu cara-cara yang dilakukan kadang membuat penderita kegemukan merasa lelah dan jengah karena berat badan yang tak kunjung turun hingga mereka akhirnya menyerah dan kembali ke gaya hidup yang dulu.

Di bawah ini adalah cara-cara untuk menurunkan berat badan secara alami yang tentu saja aman digunakan dan tidak mahal.

1. Makan dengan benar

yang dimaksud dengan makan dengan benar adalah dengan mimilih makanan yang benar. Ada beberapa cara yang bisa digunakan, antara lain :

2. Pilih jenis makanan yang sehat

Maksudnya, saat mengonsumsi makanan perhatikan piring anda. Makanan yang bisa disebut sebagai makan sehata adalah yang mengandung karbohidrat, serat, dan protein secukupnya. Dan anda juga perlu menambahkan sayur-mayur atau buah ke dalam menu jika ingin menurunkan berat badan secara optimal.

3. Makanlah di saat yang tepat

Beda waktu makan, beda pula pilihan jenis makanannya. Karena jika salah memilih porsi dan jenis makanan malah akan membuat berat badan anda naik.

4. Pilih menu sarapan yang tepat

Sarapan adalah salah satu bagian terpenting dari hidup anda. Saat sarapan dianjurkan mengonsumsi makanan yang dapat memberikan energi agar bisa beraktivitas seharian seperti telur, buah, sayur, oatmeal, dll.

5. Menu makan siang yang tepat

Saat makan siang, adalah waktu yang pas bila anda mau makan makanan berat yang mengenyangkan. Anda tetap dapat memakan nasi, ayam, daging, atau makanan lain yang mengandung protein, namun harus tetap memerhatikan porsi dan pengolahannya.

Jika anda ingin makan dengan porsi normal namun tetap kenyang, anad bisa mengonsumsi sayuran lebih banyak (utamakan sayuran berwana hijau) dan buah-buahan, karena dapat membuat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

6. Menu makan malam yang tepat

Makanan yang rendah kalori namun tetpa mengenyangkan seperti sayur dan buah cocok dijadikan menu makan malam. Namun kentang dan umbi-umbian yang mengandung karbohidrat kompleks juga tidak masalah asal dimakan dengan porsi yang pas.

Agar tidak membebani pencernaan, makanlah makanan anda 3 jam sebelum tidur. Dan jangan mengonsumsi makanan yang digoreng saat malam hari.

7. Jauhi makanan berlemak

Meskipun biasanya rasanya enak, makanan berlemak sudah sepatutnya dijauhi karena mengandung banyak lemak yang akan membuat anda mengalami kenaikan berat badan.

8. Pilihlah produk makanan yang tepat

Untuk menghindari kegemukan, pilihlah produk makanan yang mengandung rendah kalori dan rendah lemak.

Perlu untuk menghindari untuk menambahkan mayones, mentega, atau produk sejenis lainnya ke dalam makanan anda. Produk-produk seperti itu mengandung kalori dan lemak yang dapat menaikkan berat badan anda.

9. Makan dengan porsi kecil

Makan dengan porsi yang kecil bukan berarti anda akan kelaparan. Makanlah makanan dengan porsi yang kecil berisi perpaduan dari banyak gizi. Lalu makanlah dengan lebih sering. Dengan begitu anda akan dapat mengontrol rasa kenyang anda.

10. Kurangi makanan yang mengandung kalori

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun memakan makanan yang mengandung kalori secara berlebihan juga tidak ada baiknya.

Akan lebih baik jika kalori dalam tubuh anda seimbang sehingga tidak menimbulkan kegemukan apalagi obesitas.

11. Konsumsi suplemen

Jika diperlukana anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang berguna untuk membakar lemak seperti teh hijau. Teh hijau sendiri sudah terbukti dapat membakar lemak  di dalam tubuh. Mengonsumsinya sebelum makan juga bisa mengurangi adanya rasa lapar.

12. Olahraga dan aktivitas fisik

Olahraga adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia agar tubuhnya senantiasa terjaga bentuknya. Dengan berolahraga secara teratur tentuny dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh dan menyehatkan tubuh.

Selain itu keringat yang dihasilkan saat berolahraga juga dapata membawa racun-racun keluar dari dalam tubuh.

13. Rutinlah beraktivitas fisik

Olah raga secara rutin akan membuat badan menjadi lebih sehat dan proporsinya akan sellau terjaga. Olahraga yang dilakukan pun juga tidak harus yang berat seperti jalan kaki dan bersepeda.

14. Olah raga secara rutin selama 10 menit 3 x sehari

Saat anda sibuk bekerja di kantor, tentu aktivitas fisik anda juga terbatas. Maka saat ada waktu luang, pakailah waktu itu meski hanya sekedar melakukan peregangan dan olah raga ringan. Hal itu akan membuat anda terhindar dari naiknya berat badan.

15. Lakukan aktivitas fisik yang lain

Jangan terlalu sering bermalasan dengan hanya nonton TV, bermain HP, atau main game. Keluarlah untuk berjalan-jalan, atau jika ingin tetap ada di rumah anda bisa melakukan aktivitas fisik seperti bersih-bersih rumah.

16. Lakukan stretching

Tak ada salahnya melakukan peregangan otot meski tengah berada di dalam kantor. Hal itu perlu dilakukan agar otot yang menegang karena bekerja bisa kembali rileks .

17. Lakukan latihan HIT

HIT adalah olah raga yang tepat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan secara signifikan. Olah raganya meliputi jalan cepat, berenang, kardio dan lainnya.

Latihan HIT dinilai mampu mempu membakar lemak lebih efektif sehingga dapat menurunkan berat badan dengan waktu yang relatif singkat.

18. Istirahat yang cukup

Kunci utama agar berat badan tidak bertambah terus adalah dengan tidur atau istirahat yang cukup. Disaat tidur, tubuh akan memperbaiki fungsi kerja organ kita sekaligus membersihkan saluran pencernaan dari zat beracun dan sisa-sisa metabolisme.

Tidur dengan waktu yang cukup (tidak kurang tidak lebih) akan mampu menurunkan berat badan juga mengembalikan stamina yang telah berkurang sehabis beraktivitas seharian. Banyak penelitian yang membuktikan adanya korelasi diantara kuantitas dan kualitas tidur seseorang dengan berat badan.

Kurang tidur dapat membuat seseorang bisa menjadi mudah lelah dan mengganggu sistim kerja organ tubuh yang memnyebabkan mutasi gen yang mengendalikan berat badan. Mutasi gen tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas. Selain itu, kurang tidur dapat membuat hilangnya kontrol antara rasa kenyang dan lapar dalam tubuh.

Ini disebabkan karena jika kurang tidur, maka tubuh tidak bisa mengontrol regulasi hormon ghrelin (hormon pemicu rasa lapar). Hal demikian berakibat pada rasa lapar yang mudah datang meski sudah makan dalam porsi yang normal. Hormon ghrelin umumnya akan berkurang jumlahnya sehabis makan dan jumlah atau kadar leptin (hormon pemicu rasa kenyang) akan mulai meningkat.

Kurang tidur memang berefek buruk bagi kesehatan apalagi dapat menyebabkan kegemukan yang pasti semua orang tidak mau. Lalu bagaimanakah cara mengatur kwalitas tidur? Berikut adalah penjelasnnya :

  1. Usahakan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kontrol fungsi organ tubuh sekaligus memperbaiki ritme biologi pada tubuh.
  2. Lakukanlah aktivitas fisik setiap harinya selama minimal tiga puluh menit, ini bermanfaat untuk menurunkan kelebihan berat badan dan juga meningkatkan kwalitas tidur.
  3. Jauh-jauhlah dari kafein, nikotin, dan alkohol bila anda ingin tidur lebih awal. Karena 3 zat tersebut dapat membuat anda terjaga semalaman.
  4. Cegah diri anda dari makan sebelum tidur, hal itu dapat memberatkan kerja saluran cerna.
  5. Berjemurlah di terik matahari setidaknya selama 30 menit. Hal ini dapat membantu anda sembuh dari insomia.
  6. Rilekskan tubuh sebelum tidur. Usahakan jangan menonton televisi, bermain hp maupun komputer, dan lainnya, karena cahaya yang dikeluarkan dapat memicu otak dan mata tetap terjaga, sehingga anda tak dapat tidur lebih cepat.
  7. Biasakanlah tidur selama 7-8 jam per hari.

Seluruh cara menurunkan berat badan di atas sesungguhnya sangatlah efektif jika anda rutin dan tidak bosan melakukannya. Jangan pernah mengabaikan setiap larangan agar anda memperoleh hasil yang memuaskan.

Leave a Comment