flu singapura

Flu Singapura-Gejala, Penyebab, Obat, dan Cara Pengobatannya

Apakah anda pernah mendengar penyakit yang bernama flu singapura? Flu singapura merupakan suatu penyakit infeksi yangmana menular dikarenakan adanya virus RNA yangmana kerap kali menyerang pada anak-anak balita. Namun juga tidak menutup kemungkinan bagi orang dewasa untuk dapat terserang.

Dan sebelum anda membaca secara lebih jauh lagi, bahwasanya flu singapura ini berbeda daripada flu biasa.

Yang menjadi perbedaan utamanya yakni pada penderita flu singapura umumnya akan mengalami suatu luka pada area mulut juga bintil-bintil air pada area kaki dan tangan. Namun luka-luka itu terkadang juga dapat muncul pada area bokong, siku tangan, lipatan paha, dan juga lutut penderita. Adanya rasa gatal yang teramat juga dapat dirasakan disaat penyakit flu singapura ini telah menjangkit seseorang.

Pada jenis yang biasa, anda dapat mengunjungi tulisan mengenai obat flu untuk bisa membaca lebih lanjut lagi.

Di kala seseorang telah terserang virus flu singapura, maka masa inkubasi dari penyakit ini adalah kurang lebih sekitar satu minggu sebelum muncul tanda-tanda dan juga gejalanya. Lalu apa sajakah ciri-ciri dari flu singapura?

Gejala pada Flu Singapura

Pada anak-anak atau bayi yang terserang flu singapura mempunyai gejala yangmana hampir sama kala penyakit tersebut menjangkiti orang dewasa. Ciri-ciri dari flu singapura itu antara lain adalah :

  1. Demam yang tinggi
  2. Nafsu makan menghilang
  3. Adanya luka yang muncul seperti melepuh dan berwarna merah pada lidah, bagian dalam pipi, dan juga gusi
  4. Munculnya ruam berwarna merah
  5. Mengalami sakit perut
  6. Mengalami sakit tenggorokan
  7. Muntah
  8. Mengalami batuk berdahak dan juga batuk kering
  9. Pada bayi, umumnya bayi akan gampang rewel, gampang menangis dan juga terkesan marah

Umumnya pada orang yang telah terjangkit flu singapura akan diawali dengan demam. Selanjutnya dua atau tiga hari kemudian, akan muncul yang namanya tukak atau luka pada daerah area gusi, pipi bagian dalam, dan juga lidah si penderita. Pada saat tukak atau luka pada daerah sekitar area mulut telah dialami oleh penderita, hal inilah yang pada nantinya akan membuat penderita mengalami rasa sakit ketika tengah makan, minum, ataupun menelan.

Oleh karena itu, umumnya penderita akan kehilangan nafsu makan mereka. Pada bayi, umumnya malah tak mau meminum ASI ataupun makanan padat yang lainnya. Dan tidak lama setelahnya, ruam berwarna merah akan muncul pada sekitar telapak tangan juga kaki yangmana kadangkala akan terjadi pada bokong juga selangkangan si penderita.

Mayoritas pengidap penyakit flu singapura ini tidaklah memerlukan pertolongan medis dikarenakan gejala yangmana muncul kemudian akan mereda dengan sendirinya sekitar waktu seminggu tanpa adanya bantuan secara medis apapun.

Namun apabila si penderita mengalami keadaan dehidrasi karena kekurangan cairan di dalam tubuh ataupun demam yang tidak kunjung mereda selama seminggu, segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Penyebab Penyakit Flu Singapura

Yang menjadi penyebab dari flu singapura ini ialah adanya kelompok virus yangmana bernama enterovirus A. Dan beberapa jenis kelompok dari virus enterivirus A tersebut di antaranya virus coxsackie A16, A6, A10, dan juga enterovirus 71.

Virus itu pada nantinya menyebar pada jaringan di mulut, di area sekitar amandel juga kemudian akan masuk ke dalam sistim pencernaan hingga pada akhirnya akan menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui peredaran darah.

Namun sebelum virus dapat menyebar pada organ-organ yang bersifat vital, sistim imunitas pada tubuh akan berusaha untuk mengendalikannya lebih dulu.

Virus flu singapura ini biasanya dapat menyebar dari salah satu orang ke orang lainnya. Dan penyebaran virus tersebut dari satu orang ke orang lainnya itu ialah dengan melalui kontak secara langsung dengan si penderita dengan berdasarkan :

  • Cairan dari area hidung ataupun tenggorokan yangmana keluar di kala anda sedang bersin
  • Ludah atau air liur yang terlempar di udara di saat tengah batuk
  • Suatu cairan yang asalnya dari luka yang melepuh
  • Pada permukaan benda apapun yang telah terkontaminasi kotoran si penderita

Pengobatan untuk Flu Singapura

Meskipun pada flu singapura ini gejalanya bisa menghilang dengan sendirirnya seiring berjalannya waktu, namun di dala jangka waktu seminggu tersebut penderita akan mengalami perasaan tidak nyaman apabila penderita mendapat perawatan.

Pengobatan dan juga perawatan flu singapura ini yang dapat anda lakukan ialah :

Dalam hal meredakan rasa yang nyeri dan juga demam yang dikarenakan oleh virus flu singapura, anda dapat memberikan sebuah paracetamol ataupun ibuprofen.

Yang dimaksud dengan paracetamol ialah golongan obat analgesik non opiat juga anti piretik. Sedangkan ibuprofen adalah obat penyakit flu singapura dari suatu golongan antiinflamasi nonsteroid.

Namun dua-duannya sama-sama bisa membantu untuk meredakan gejala yang mana timbul karena flu singapura.

  1. Paracetamol

paracetamol
https://businessandeducation.ng

Paracetamol adalah salah satu jenis obat yangmana masuk ke dalam golongan analgesik (pada nyeri) juga antipiretik (yakni penurun demam).

Umumnya paracetamol digunakan untuk meringankan rasa sakit ringan hingga menengah juga dapat menolong meringankan gejala yang disebabkan oleh flu singapura ini. Anda semua dapat memperoleh paracetamol ini di apotek terdekat dengan harga Rp2000 per strip.

Paracetamol Obat flu singapura : Analgesik non opiat dan juga antipiretik

Komposisi : 500gm paracetamol

Indikasi : Mengatasi sekaligus meredakan rasa sakit yang ringan hingga menengah, juga dapat digunakan untuk membantu meringankan gejala-gejala pada flu singapura ini.

Perhatian : Hati-hatilah pada pengidap penyakit ginjal, seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol umumnya berisiko meningkatkan risiko terkena penyakit hati apabila meminum obat ini

Efek samping : Apabila digunakan dengan dosis yang besar dan dalam jangka waktu yang panjang akan bisa menyebabkan adanya kerusakan hati

Kemasan : 10 tablet/strip

Dosis : Untuk anak berumur 1-5 tahun 3-4 kali dalam sehari masing-masing setengah tablet. Untuk anak berumur 6 sampai 12 tahun 3-4 kali dalam sehari dan masing-masing 1 tablet. Lalu untuk anak berusia di atas 13 tahun dan juga orang dewasa 3-4 kali dalam sehari dan masing-masing 1-2 tablet.

Cara pemakaian : Baik dikonsumsi setelah makan

Produksi : Kimia Farma

Pracetamol termasuk juga ke dalam komposisi dari obat Panadol, maka dari itu anda juga dapat membeli obat Panadol untuk anak anda di apotek terdekat.

  1. Ibuprofen

ibuprofen
https://www.express.co.uk

Obat jenis ibuprofen ini tersedia di dalam varian 200mg. Ibuprofen varian 200mg ini dibanderol dengan harga Rp 300,00 per tablet dan sementara untuk ibuprofen varian 400mg akan dibanderol dengan harga Rp 350,00 per tablet. Di masing-masing apotek akan berbeda pula harga ibuprofennya.

Ibuprofen Obat Flu Singapura Sub Kategori : Obat antiinflamasi non steroid

Komposisi : Ibuprofen 200mg

Indikasi : Dapat mengatasi sakit kepala, nyeri otot, sakit gigi, rasa sakit ataupun nyeri selepas operasi, rasa sakit ketika tengah haid, dan juga dapat mengatasi gejala pada flu Singapura.

Perhatian : Pemberian obat ibuprofen kepada pengidap tukak lambung haruslah diperhatikan dan juga dianjurkan supaya sesuai dengan petunjuk dari dokter

Efek samping : Muntah, mual, diare, ruam kulit, nyeri lambung, sakit kepala, dan pusing

Kemasan : 10 tablet/strip

Dosis : Untuk orang dewasa 3 kali dalam sehari 1-2 tablet. Untuk anak-anak 20mg/kg berat badan/hari harus dibagi menjadi beberapa kali pemberian.

Cara penggunaan : Konsumsilah sehabis makan atau bersamaan ketika makan

Produksi : Nova

Hanya mengonsumsi obat untuk flu singapurapun masih belumlah cukup. Para pasien juga diharuskan untuk melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Beristirahatlah dengan cukup juga berikanlah minuman yang dingin kepada penderita untuk meminimalisir rasa sakit di tenggorokan
  2. Hindarilah memberi makanan yang pedas juga asam kepada penderita
  3. Jagalah kebersihan tubuh guna mengurangi risiko dari penyebaran virus flu singapura ini

Anda juga sekiranya perlu untuk mengurangi risiko penyebarannya dikarenakan virus flu singapura tersebut sangatlah mudah untuk menular. Dan untuk mengurangi risikonya, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan yakni sebagai berikut :

  1. Mengisolasikan orang yang menderita penyakit flu singapura. Dikarenakan flu singapura merupakan penyakit yang mudah menular maka dari itu si penderita sangatlah disarankan agar diisolasi hingga sembuh.
  2. Bersihkanlah area-area yang anda curigai telah terkontaminasi oleh virus flu singapura ini seperti pakaian, seprei, meja, peralatan untuk makan, dan juga lain sebagainya. Bersihkanlah semua itu dengan menguunakan air dan sabun.
  3. Jagalah selalu kebersihan tangan anda. Bersihkanlah tangan dengan memakai obat antiseptik, sepeti menggunakan larutan yang ada kandungan povidone-iodine. Povidon iodine ini selain bisa membunuh bakteri yangmana bisa menyebabkan bentuk infeksi sekonder, dan juga mempunyai efek yang baik untuk mematikan virus dibanding dengan obat antiseptik yang lainnya.
  4. Hindarilah memakai peralatan untuk makan yang telah digunakan oleh penderita flu singapura supaya terhindar dari penyebaran virusnya.
  5. Ajarkanlah pada anak-anak anda bagaimanakah cara untuk menjaga kebersihan anggota tubuh mereka sendiri dikarenakan umumnya anak-anak yang masih berusia di bawah 10 tahun akan rawan tertular flu singapura.
  6. Dan apabila setelah dua minggu gejala dari flu singapura ini masih juga belum reda, segeralah untuk memeriksakan diri kepada dokter yang baik. Nantinya dokter akan memberi tindak lanjut yangmana akan lebih akurat kepada si penderita.

Demikianlah tulisan kami mengenai flu singapura. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah membaca. Get well soon!

Leave a Comment