manfaat teh hijau

Manfaat Teh Hijau, Minuman Herbal yang Kaya Manfaat

Manfaat Teh Hijau sudah santer dikenal sejak berabad-abad lalu. Orang-orang dari belahan dunia manapun sejak dulu sering menyeduh teh ini untuk mendapatkan manfaatnya. Teh ini juga sangat terkenal akan kandungan antioksidannya yang dipercaya oleh masyarakat luas dapat membuat kulit menjadi lebih awet muda.

Selain itu ada satu hal lain yang membuat teh ini semakin terkenal, yaitu khasiatnya dalam menurunkan berat badan sehingga membuat para wanita berbondong-bondong menjadi penggemarnya.

Teh hijau sendiri berasal dari tumbuhan yang dinamakan Camelia Sinensis. Pada awalnya teh atau minuman ini berasal dari negeri Tiongkok dan mulai populer dengan Jepang yang terkenal dengan kegiatan minum atau menyeduh tehnya yang khas. Teh hijau cocok diminum dalam keadaan dingin, panas, dicampur dengan madu, atau dijadikan teh tubruk dengan tanpa memasukkan gula.

Apa saja yang terkandung dalam teh hijau?

Berbanding lurus dengan rasanya yang nikmat, teh hijau juga memiliki banyak sekali khasiat yang membuat anda merasa rugi bila melewatkannya. Teh ini mengandung tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh anda.

Radikal bebas yang jumlahnya berlebih bisa mengakibatkan kerusakan dan membunuh sel-sel dalam tubuh, yang akan membuat penuaan dini, penyakit kanker, juga penyakit serius lainnya.

Teh hijau juga mengandung senyawa katekin yang memiliki kekuatan yang berlipat ganda daripada vitamin E dan C dalam upaya menghentikan suatu kerusakan oksidatif pada sel-sel dalam tubuh. Teh ini juga mengandung asam folat, vitamin B, magnesium, kefein, dan mangan.

Lalu apa manfaat teh hijau?

Teh hijau adalah makanan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kita. Kita bisa mengandalkan senyawa antioksidannya dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh hijau mengandung katekin yang mampu membantu menurukan berat badan dengan signifikan. Hal lain yang didapat dari teh hijau adalah tubuh jadi terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang.

  1. Menurunkan berat badan

menurunkan berat badan
http://www.kompassehat.com

Senyawa katekin dan kafein yang ada dalam teh hijau dipercaya mampu membantu kita dalam penurunan berat badan dengan cara membakar lemak dan kalori. Menurut suatu penelitian, dengan meminum 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap harinya jika anda memang benar ingin mengurangi berat badan.

Dalam secangkir teh hijau, terkandung sekitar 120-320 mg katekin juga 10-60 mg kafein. Namun bagi anda yang gemar meminum kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi juga bisa memengaruhi hasil diet dengan teh hijau.

  1. Meminimalisir risiko terkena serangan jantung

menurunkan risiko penyakit jantung
http://www.rspondokindah.co.id

Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai oleh setiap kalangan. Di sini teh hijau memiliki khasiat yang paling dahsyat berupa dapat meminimalisir risiko terkena serangan jantung. Ini dibuktikan pada sebuah penelitian yangmana dipublikasikan pada Journal of American Heart Association.

Penelitian ini dilakukan pada delapan puluh ribu lebih manusia yang kesemuanya adalah penduduk Jepang yang telah berusia lanjut. Hasil mengungkapkan bahwa orang yang rutin meminum teh hijau secara teratur berisiko lebih rendah 20% untuk terkena serangan jantung.

  1. Mencegah kanker

mencegah kanker
https://www.allianz.co.id

Menurut hasil studi, polifenol yang terkandung di dalam teh hijau mampu menghambat pertumbuhan dari sel-sel tumor yang menyebabkan kanker, yakni seperti kanker payudara, prostat, rahim, paru-paru, kolorektal, dan kulit. Hasil studi juga menyatakan bahwa pada negara yang masyarakatnya secara rutin meminum teh hijau, akan lebih rendah risiko terjangkit kanker.

  1. Sebagai minuman yang meminimalisir kolesterol

menurunkan kolesterol
https://hellosehat.com

Di dalam tubuh manusia, terdapat dua jenis kolesterol, yaitu LDL atau kolesterol jahat dan HDL atau kolesterol baik. Suatu penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan kadar HDL dan juga menurunkan LDL.

Penelitian lainnya mengatakan bahwa polifenol yang terkandung dalam teh hijau bisa mencegah kolesterol untuk diserap oleh usus juga membantu untuk menyingkirkannya.

  1. Menjaga tekanan darah

menjaga tekanan darah
https://hellosehat.com

Para lansia terkadang mengalami keadaan di mana tekanan darah yang menurun sehabis makan. Dengan minum teh hijau tekanan darah anda bisa kembali normal karena teh ini dapat membantu dalam penaikan tingkat tekanan darah. Pun hal ini masih belum terbukti secara medis.

  1. Menjaga kesehatan mulut

menjaga kesehatan mulut
http://www.ummi-online.com

Untuk menjaga agar mulut tetap sehat tak cukup hanya dengan mengandalkan gosok gigi atau berkumur dengan cairan khusus saja. Cobalah untuk minum teh hijau supaya mulut anda tetap sehat.

Kandungan antioksidan dalam teh hijau yang bernama catechin dapat membantu memutus perkembangan bakteri yang membuat gusi menjadi berlubang juga masalah gusi yang lainnya. Antioksidan jenis itu juga bisa membuat bau mulut berkurang.

  1. Mengobati rheumatoid arthritis

mengobati rheumatoid arthitis
https://obatasamlambung.org

Penyakit rheumatoid arthitis merupakan peradangan yang terjadi pada tulang atau sendi. Ini dapat menyebabkan orang yang menderita akan merasakan nyeri yang berlangsung terus-menerus serta mengalami kesulitan dalam menggerakkan anggota badan. Dengan meminum teh hijau, rasa nyeri yang diderita bisa reda dan juga dapat mencegah munculnya enzim kimokin yakni enzim yang dapat menyakiti tulang rawan.

  1. Meningkatkan memori otak

memperkuat memori otak
https://hellosehat.com

Kemampuan dalam mengingat akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Namun dengan kita rutin meminum teh hijau tiap hari, risiko inipun juga akan berkurang. Teh hijau mampu menurunkan risiko terkena stroke juga mengatasi radang sendi.

Khasiat yang lain adalah mampu meningkatkan kemampuan dalam otak untuk mengingat dengan lebih baik. Dengan ini kemungkinan besar teh hijau dapat dijadikan alternatif untuk mencegah alzeimer.

  1. Menyegarkan badan

dapat menyegarkan badan
http://www.isigood.com

Teh hijau sangat bagus dalam hal menyegarkan kembali badan yang lemas dan lunglai dengan menyeimbangkan gula darah. Sehingga membuat pemilik tubuh tetap bersemangat dan penuh energi.

  1. Menyehatkan kulit

membuat kulit menjadi sehat
http://lesliebaumannmd.com

Inilah salah satu manfaat teh hijau untuk kecantikan. Teh ini berkhasiat untuk membuat kulit menjadi sehat, awet muda, dan bercahaya. Cara yang perlu dilakukan hanya dengan rutin mengonsumsinya saja.

Kandungan polifenolnya dapat menangkal radikal bebas dan menunda penuaan dini.

  1. Mencegah diabetes

mencegah diabetes
https://www.rd.com

Diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan menggunakan teh hijau. Pada suatu penelitian membuktikan bahwa orang yang rutin meminum teh hijau dapat memiliki risiko rendah terkena diabets sebanyak 42% dibanding yang tidak mengonsumsi. Ini karena teh hijau dapat menetralisir gula darah.

  1. Memperbaiki kinerja dari pencernaan

memperbaiki sistem pencernaan
https://www.satujam.com

Bakteri jahat yang masuk ke tubuh dapat ditangani oleh teh hijau. Sehingga dapat membuat kerja pencernaan menjadi lancar. Selain itu metabolisme dalam tubuh juga berjalan efektif. Beberapa penggemar teh hijau menyatakan bahwa perut mereka menjadi lebih nayaman dan lega setelah rutin minum teh hijau.

  1. Mengurangi jerawat

mengurangi jerawat
https://hellosehat.com

Karena hal ini banyak wanita yang tertarik mengonsumsi teh hijau. Teh hijau mampu membersihkan kulit wajah dari jerawat maupun gangguan lainnya. Ada banyak cara untuk menerapkannya, bisa diseduh, di buat masker, dan lainnya.

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

merangsang pertumbuhan rambut
https://www.gulalives.co

Siapa yang tak ingin rambutnya tumbuh lebih cepat? Teh hijau ini dapat membuat pertumbuhan hormon DHT yang dapat menghambat pertumbuhan pada rambut juga menyebabkan rambut anda rontok.

Kandungan polifenolnya dapat merangsang pertumbuhan pada rambut, selain itu kandungan vitamin C dan E nya dapat membuat rambut menjadi berkilau.

Dalam pemakaiannya anda dapat memakai 3-4 kantung teh hijau yang telah dicampur dengan setengah liter air guna membilas rambut sehabis keramas.

  1. Mecegah gigi rusak

mencegah gigi rusak
https://universal-18.blogspot.co.id

Dalam sebuah studi menyatakan bahawa dalam teh hijau mengandung katekin yang dapat melenyapkan bakteri juga virus yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan, karies pada gigi, dan masalah lainnya.

Dalam suatu penelitian yang dilakukan di Jepang mengatakan bahwa orang-orang yang rutin meminum teh hijau cenderung giginya tidak ompong di sepanjang hidup mereka.

  1. Meningkatkan sistem imun

meningkatkan sistem imun
https://www.webkesehatan.com

Kandungan polifenol, flavonoid, dan antioksidan di dalam teh hijau diyakini dapat meningkatkan sistim kekebalan pada tubuh kita, hal tersebut membuat tubuh kita menjadi sehat juga tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Adapun kandungan vitamin C nya sangat bagus apabila anda terkena serangan penyakit.

  1. Meningkatkan peforma otak

meningkatkan peforma otak
http://doktersehat.com

Di dalam teh hijau juga terkandung kafein meski konsentrasinya tak sebanyak kafein pada kopi. Kafein berguna untuk meningkatkan fungsi bagian-bagian otak, kewaspadaan, dan mood. Selain kafein, teh yang berwarna kehijauan ini juga mengandung senyawa L-theanine.

Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa kombinasi antara L-theanin dengan kafein pada teh hijau dapat memperbaiki otak.

Orang-orang yang telah menerapkan minum teh secara rutin mengatakan bahwa diri mereka menjadi lebih produktif dan energi mereka menjadi sangat stabil.

  1. Mengatasi kantung mata dan mata bengkak

mencegah kantung mata
http://www.ciripenyakitmu.com

Supaya anda dapat merasakan manfaat ini caranya sangat mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa kantung teh saja. Kandungan berupa tanin di dalam teh hijau mampu mengatasi mata yang membengkak dan juga lingkaran gelap di sekitar mata.

Selain itu kafein akan membuat pembuluh darah menjadi kecil sehingga bengkak dapat berkurang. Dan pada kantung mata, kafein bekerja untuk mengurangi pelebaran pada pembuluh darah di bawah mata.

  1. Menyembuhan sakit kepala

mencegah pusing
https://www.rancahpost.co.id

Sakit kepala memang menjadi penyakit yang menyebalkan karena membuat anda menjadi tidak konsentrasi saat bekerja. Namun begitu sakit kepala adalah penyakit yang sangat sering terjadi. Apabila anda sekarang tengah menderitanya dan tak kunjung sembuh, maka tak ada salahnya untuk mencoba teh hijau.

Karena teh ini bisa membantu membuat pusing dan migrain menjadi reda. Selain itu di dalam teh hijau terkandung antiinflamasi yang membuat sakit kepala yang anda derita menjadi lebih ringan.

Bagaimakah cara diet teh hijau yang tepat?

  • Hindari mengonsumsi teh hijau secara berlebihan. Minum saja 2 sampai 3 gelas perhari.
  • Sebaiknya meminum teh hijau waktu sebelum makan.
  • Hindarilah mengonsumsinya sesudah makan karena akan menurunkan proses dalam penyerapan nutrisi di dalam makanan anda.
  • Gangguan pada pencernaan seperti diare dapat muncul apabila anda terlalu sering meminum teh hijau.
  • Kafein yang terkandung di dalam teh hijau bisa mengakibatkan denyut jantung meningkat, tremor dan juga insomnia.
  • Berikan perasan air lemon pada teh hijau yang anda seduh apabila ingin meningkatkan kadar antioksidannya.
  • Apabila anda menderita anemia, gangguan pada jantung atau pada pembuluh darah, dan glukoma, haruslah mengurangi jumlah teh hijau yang anda konsumsi.
  • Harus mengonsultasikan dengan dokter yang ahli mengenai obat yang tengah anda konsumsi.

Demikianlah manfaat teh hijau yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan adanya informasi di atas, dapat berguna bagi anda.

Teh hijau memang bgaus untuk kesehatan anda, namun alangkah lebih baik apabila sebelum mengonsumsinya untuk dijadikan obat anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebelumnya terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Comment