cara mengobati asam urat secara alami

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Bahan Alami

Definisi Penyakit Asam Urat

Asam urat atau gout adalah penyakit yang umum diderita oleh para lansia. Gejalanya pun ditandai dengan rasa sakit yang tiba-tiba, kemerahan dan rasa nyeri pada persendian. Untuk sendi sendiri yang paling sering sakit adalah sendi di pangkal jempol kaki.

Serangan asam urat yang terkadang terjadi secara tiba-tiba, sering membuat penderitanya terbangun saat tengah malam dengan sensasi jempol kaki yang serasa terbakar.

Sendi yang terserang akan menjadi bengkak, terasa panas, dan amat lembut hingga berat lembar yang berada di atasnyapun mungkin nampak tak tertahankan.

Pun begitu, asam urat masih dapat diobati, sekaligus cara untuk mengurangi risiko asam urat dapat terulang.

Gejala Asam Urat

Tanda yang paling umum dari asam urat adalah kedatangannya yang tiba-tiba (terutama di malam hari) dan tanpa adanya peringatan sebelumnya. Gejala-gejala itu meliputi :

  • Nyeri sendi yang sering terjadi. Di banyak kasus, asam urat seringkali menyerang sendi besar yang berada di jempol kaki, namun kadang juga terjadi di pergelangan kaki, tangan, lutut, dan pergelangan tangan. Rasa sakit yang paling parah adalah sekitar 4 sampai 12 jam setelah rasa sakit itu dimulai.
  • Rasa tidak nyaman yang berlangsung lama. Sehabis rasa sakit yang teramat sudah reda, beberapa rasa ketidaknyamanan pada sendi dapat berlangsung selama beberapa hari bahkan sampai berminggu-minggu. Untuk setelahnya serangan cenderung akan bertahan lama dan memengaruhi lebih banyak sendi.
  • Terjadi peradangan dan kemerahan. Sendi akan membengkak, terasa lembut, hangat, dan kemerahan.
  • Gerakan menjadi terbatas. Saat asam urat sudah mulai berkembang, sendi akan mengalami penurunan mobilitas.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumahan untuk Penyakit Asam Urat

Memang dengan meminum obat, para penderita asam urat akan lebih tertolong. Namun dengan mengonsumsi obat tentu akan menciptakan perubahan gaya hidup yang akan membantu proses penyembuhan, meliputi :

  • Penderita dibatasi dalam meminum minuman beralkohol dan minuman manis yang memnggunakan gula buah atau fruktosa. Penderita akan lebih baik apabila meminum air putih dengan takaran yang pas.
  • Membatasi makanan yang konsentrasi purinnya tinggi, seperti daging merah, jeroan, dan makanan laut.
  • Olahraga secara teratur dan melakukan diet sehat. Risiko asam urat akan semakin mengecil apabila penderita menjaga berat badan idealnya.

Tes dan Diagnosis Penyakit Asam Urat

Ada beberapa tes yang dilakukan untuk mendiagnosa asam urat, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • USG. Di Eropa, tehnik mendiagnosa dengan menggunakan USG Musculoskeletal sudah marak dilakukan ketimbang di Amerika. Hal ini memungkinkan untuk mendeteksi adanya kristal urat di dalam sendi.
  • Tes cairan sendi. Saat melakukan prsedur ini, dokter yang menangani akan melakukan penarikan cairan dari sendi Anda yang terkena dengan menggunakan jarum. Setelah itu cairan akan diperiksa menggunakan mikroskop, sehingga cairan sendi akan mengungkap kristal urat.
  • Tes darah. Tes darah dilakukan untuk mengukur kadar asam urat sekaligus kreatinin di dalam darah. Terkadang hasil tes darah tidak dapat menjadi sebuah patokan karena kadang menyesatkan, misalnya, kadang ada orang yang mempunyai kadar asam urat yang lumayan tinggi, namun malah tidak pernah mengalami asam urat. Sebaliknya, ada orang yang mengalami gejala atau tanda-tanda asam urat namun tingkat asam urat dalam darah mereka tidak biasa.
  • X-ray pencitraan. Penyebab lain dari masalah peradangan sendi dapat disingkirkan dengan menggunakan Joint X-ray.
  • CT scan energi Ganda. Meskipun tidak meradang, pengecekan dengan pencritraan bisa mendeteksi adanya kristal urat pada sendi. Dan dikarenakan beban dan belum tersedia secara luas maka tes inipun tidak dilakukan secara rutin.

Perawatan dan Obat Penyakit Asam Urat

Obat sangat diperlukan dalam pengobatan penyakit asam urat. Dokter yang menangani pasien asam urat memilih obat yang didasarkan pada kesehatan masing-masing pasien dan preferensi sang pasien itu sendiri.

Obat asam urat biasanya bisa digunakan untuk mengobati serangan yang bersifat akut dan mencegah serangan yang mungkin saja akan datang. sekaligus untuk memimalisir risiko terjadinya komplikasi dari asam urat, seperti terjadinya pengembangan tophi dari deposito kristal urat.

Di bawah ini adalah 10 obat rumahan yang berguna untuk mengobati asam urat :

  1. Cuka Apel

mengobati asam urat dengan cuka apel

Selain berguna untuk mengobati asam lambung dan sakit kepala, ternyata cuka sari apel juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat sekaligus radang sendi. Keasaman pada cuka apel akan membantu mengurangi rasa nyeri.

Cara :

  • Campur 1 sdt cuka apel ke dalam segelas air (bisa juga ditambahkan madu).
  • Minum 2-3 kali sehari.
  1. Jahe

mengobati asam urat dengan jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat dalam meredakan peradangan dan nyeri. Cara penggunaannyapun juga banyak.

Cara :

  • Campur bubuk kelabat, bubuk jahe kering, dan bubuk kunyit dengan perbandingan yang sama.
  • Setelah tercampur rata, ambil 1 sdt dari campuran ini lalu campur dengan air hangat.
  • Minum kurang lebih 2 kali sehari.
  • Selain seperti di atas, Anda juga bisa menambahkan jahe pada masakan yang anda buat, atau juga bisa dengan memakan sepotong jahe mentah setiap hari.
  • Ada lagi, Anda juga dapat mencampurkan ½ sdt jahe ke dalam secangkir air mendidih lalu aduk rata. Minumlah larutan ini sebanyak 1 kali sehari.
  • Pilihan lainnya adalah dengan membuat jahe menjadi pasta lalu mengoleskannya pada bagian yang terkena asam urat. Diamkan kurang lebih selama 30 menit. Lakukan sebanyak sekali sehari.
  1. Baking Soda

mengobati asam urat dengan baking soda

Peningkatan asam urat di dalam tubuh menjadi faktor penting penyebab asam urat. Dan baking soda adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat sekaligus dapat meringankan rasa nyeri.

Cara :

  • Campur ½ sdt baking soda dengan segelas air.
  • Minum larutan tersebut selama 4 kali sehari dan tidak boleh lebih dari itu.
  • Lakukan selama 2 minggu.
  • Perlu diperhatikan, untuk pasien yang berusia di atas 60 tahun dilarang minum lebih dari 3 kali sehari. Penderita hipertensi juga dilarang meminumnya.
  1. Lemon

mengatasi asam urat denga lemon

pH tubuh sangat penting untuk ditingkatkan agar nyeri asam urat bisa lebih ringan. Cara meningkatkannya pun juga tergolong mudah dengan hanya menggunakan baking soda dan sari lemon. Lebih baik lagi bila pasien mengonsumsi buah-buah yang mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk memperkuat jaringan pada tubuh.

Cara :

  • Campur sari lemon dengan ½ sdt baking soda.
  • Biarkan beberapa saat hingga Anda dapat memastikan desis sudah berhenti.
  • Kemudian campur dengan segelas air. Segera minum.
  • Cara lainnya adalah dengan membahkan sedikitnya setengah lemon (ambil sarinya) ke dalam satu gelas air. Minum 3 kali sehari.
  1. Buah Ceri

mengobati asam urat dengan buah ceri

Buah ceri yang biasanya digunakan sebagai bahan penghias pada makanan pencuci mulut dan minuman, ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan pada asam urat karena kandungan astosianinnya.

Selain itu buah ceri juga mengandung antioksidan yang mencegah asam urat.

Cara :

  • Makan 15-20 ceri sehari. Akan lebih baik bila Anda memulai hari dengan mengonsumsi buah ceri.
  • Selain dimakan, ceri juga dapat dijadikan jus yang dapat Anda minum setiap hari. Di dalam jus ceri uga bisa ditambahkan beberapa siung bawang putih.
  1. Garam Epsom

mengobati asam urat dengan garam epsom

Untuk pengobatan rumahan lain, bisa juga menggunakan garam epsom, karena jenis garam ini dapat mengobati asam urat dan bentuk lain dari radang sendi lain. Garam epsom mengandung jumlah magnesium yang tinggi dapat berguna untuk memperbaiki masalah jantu dan tekanan darah tinggi. Hanya dengan mencampur garam epsom dengan air hangat dan merendam bagian tubuh yang terkena dapat meringankan nyeri dan melemaskan otot-otot yang sakit.

Cara :

  • Siapkan air hangat lalu tambahkan 2 cangkir garam epsom ke dalamnya.
  • Rendam tubuh Anda hingga air hangat sudah kehilangan panasnya.
  • Cara ini bisa dilakukan sebanyak seminggu sekali. Namun, apabila asam urat yang Anda derita cukup parah, cara ini bisa dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu.
  1. Buah Pisang

mengobati asam urat dengan pisang

Buah pisang memang terkenal baik bagi kesehatan terutama untuk masalah pencernaan. Selain itu ternyata buah yang kulitnya sangat licin apabila terinjak ini juga dapat digunakan sebagai obat asam urat yang alami dan murah. Di dalam buah pisang terkandung vitamin C yang berguna untuk mengatasi pembengkakan dan rasa nyeri.

Cara :

  • Caranya sederhana saja. Anda hanya perlu mengonsumsi buah pisang setiap hari, maka Anda akan merasakan manfaatnya pada tubuh Anda.
  • Cara lainnya adalah dengan menambahkan pisang yang telah matang ke dalam secangkir yogurt.
  1. Buah Apel

mengobati asam urat dengan buah apel

Memakan buah-buah setiap hari memang sebuah kebiasaan yang menyehatkan. Apalagi bila memakan buah apel yang memiliki banyak sekali vitamin di dalamnya. Dalam kasus ini buah apel dapat berguna untuk menetralkan asam urat dan mengurangi rasa nyeri sekaligus peradangan karena kandungan asam malatnya.

Cara :

  • Anda hanya harus memakannya setiap hari sebanyak kurang lebih satu buah apel.
  1. Arang Aktif

mengobati asam urat dengan arang aktif

Saat mendengar kata arang, hal pertama yang terlintas di pikiran adalah kayu hasil pembakaran yang berwarna hitam. Ternyata si hitam ini selain biasanya digunakan untuk memanggang sate, juga bermanfaat dalam mengobati penyakit asam urat.

Cara :

  • Campur air dengan setengah cangkir bubuk arang hingga membentuk pasta. Masukkan pasta tersebut ke dalam bak mandi lantas tambahkan air yang lebih banyak. Rendam bagian tubuh Anda yang terkena asam urat selama kurang lebih 30 menit. Cara ini sangat efektif untuk asam urat pada sendi jempol kaki dan sendi pergelangan kaki.
  • Jika ingin menggunakan pasta ini ke bagian lainnya, cukup dengan mengoleskannya ke bagian tubuh yang terkena. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.
  • Cara lainnya adalah dengan meminum kapsul berisi arang aktif untuk menghilangkan peradangan dan nyeri.
  1. Air Dingin

mengobati asam urat dengan air dingin

Air dingin biasanya akan menjadi ‘dewa’ pada saat musim kemarau dan sehabis olahraga berat. Ternyata air dingin atau air es dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri karena asam urat.

Cara :

  • Siapkan air dingin, lalu rendam sendi yang terkena selama 10-15 menit. Prosedur ini dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.
  • Selain itu bisa juga menggunakan es batu sebagai kompres. Caranya dengan membungkus es tersebut dengan menggunakan handuk, lalu tempatkan pada daerah yang terkena. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari. Namun, penggunaan kompres es yang berlebihan dapat menyebabkan kristalisasi asam urat.

Apabila Anda atau keluarga dan kerabat menderita penyakit asam urat, tak ada salahnya bila mencoba cara di atas. Memang tak ada pengobatan yang instan, namun cara di atas adalah pengobatan yang alami dan murah meriah.

Leave a Comment