obat kolesterol

Obat Herbal untuk Mengatasi Kolesterol

Obat kolesterol – Mengalami kolesterol tinggi adalah keadaan yang sangat tidak diinginkan oleh penderitannya. Mereka jadi tidak bebas makan makanan yang mereka sukai lagi. Ada banyak cara untuk mengatasi atau mengobati kolesterol.

Selain dengan cara medis yang sudah pasti memakan banyak sekali pundi rupiah anda, cara menyembuhkan kolesterol dengan alami menggunakan bahan herbal juga banyak dicari apalagi oleh kalangan papa.

Sebelumnya apa yang dimaksud dengan kolesterol?

Pengetahuan mengatakan, kolesterol merupakan lilin, sewujud dengan lemak, yang terdapat di seluruh sel yang ada di dalam tubuh. Seringkali zat tersebut dianggap negatif oleh sebagian besar orang selama ini.

Mayoritas berpendapat bahwa makanan yang mengandung tinggi kolesterol harus dihindari sedapat mungkin. Namun, pada dasarnya, kolesterol adalah salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh.

Tubuh kita memerlukan kolesterol untuk menciptakan suatu hormon (seperti kortisol, esterogen, dan testosteron), vitamin D, juga asam empedu yang membantu untuk mencerna lemak yang berasal dari makanan yang kita makan. Tubuh kita sebenarnya juga dapat menciptakan seluruh zat itu, namun begitu jumlahnya hanya sedikit.

Sebagian besar kolesterol yang berada dalam tubuh kita didapatkan dari kegiatan kita mengonsumsi makanan. Kita kita mengonsumsi makanan yang terdapat lemak trans dan lemak jenuh, maka hati kita akan lebih banyak menghasilkan zat kolesterol. Inilah salah satu penyebab mengapa kolesterol yang ada di dalam darah anda bisa meninggi.

Lalu apa perbedaan antara HDL dan LDL?

Lipoprotein adalah bentuk kolesterol yang bergerak di aliran darah. Zat ini terbuat dari lemak pada bagian dalamnya dan zat protein di bagian luar. Di dalam dunia kedokteran, ada 2 jenis lipoprotein yang mengangkut kolesterol menuju ke setiap bagian tubuh anda, antara lain:

  • Low Density Lipoprotein (LDL) yang biasa dikenal sebagai kolesterol yang jahat. LDL yang menumpuk di dalam tubuh dengan jumlah yang tinggi di tubuh dapat membuat pembuluh darah arteri yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi tersumbat. Inilah yang menyebabkan seseorang dapat terkena stroke dan penyakit jantung.
  • High Hensity Lipoprotein (HDL) yang biasa dikenal sebagai kolesterol yang baik. HDL mengangkut kolesterol dari bagian badan atau tubuh lain untuk kembali ke hati. Lantas hati akan memecah zat kolesterol dan dihilangkan dari dalam tubuh.Jika jumlah dari HDL lebih basar ketimbang jumlah LDL di dalam tubuh, maka hal tersebut adalah suatu keadaan yang bagus untuk kesehatan anda dan hal ini juga mampu membuat anda menjadi terhindar dari berbagai penyakit yang kronis.

Berapakah kadar normal untuk kolesterol yang berada di dalam tubuh?

Sekarang ini ada alat yang dapat memeriksa jumah kolesterol pada tubuh seseorang dengan mudah. Imbauan dari paramedis mengenai pentingnya mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh juga banyak disuarakan.

Hal ini sangat penting dilakukan agar masyarakat terhindar dari penyakit kronis yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi.

Biasanya pengukuran kadar kolesterol adalah selama satu kali dalam kurun waktu lima tahun. Dan orang yang wajib menjalani kegiatan ini adalah seseorang yang telah berusia lebih dari dua puluh tahun. Tes tersebut dinamakan profil lipid.

Tes ini bisa menunjukkan kadar kolesterol total di dalam tubuh setiap orang, jumlah HDL, jumlah LDL, dan juga jumlah trigliserida. Tes ini memiliki setiap batasan, antara lain:

  • Jumlah kolesterol baik di dalam darah yakni kurang dari 200mg/dl, akan masuk kategori tinggi apabila kadar kolesterol mencapai 240mg/dl atau malah lebih.
  • Kadar LDL yang bagus dalam darah yakni kurang dari 100mg/dl, dan akan berbahaya bagi kesehatan apabila kadarnya mencapai angka 160mg/dl atau bahkan lebih.
  • Kadar HDL yang bagus dalam tubuh yakni 40mg/dl atau lebih tinggi, dan akan dibilang rendah apabila jumlahnya kurang dari 40mg/dl.
  • Kadar trigliserida yang bagus di dalam darah adalah kurang dari 150mg/dl, dan sudah termasuk tinggi apabila mencapai angka 200mg/dl.

Apa penyebab kolesterol menjadi tinggi?

Suatu kondisi di mana kolesterol yang naik hingga bisa disebut tinggi memang meresahkan banyak orang yang mengalaminya karena mengancam kesehatan sang penderita.

Hal ini terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi tersebut bisa memicu munculnya masalah yang lebih kompleks seperti penyakit stroke dan jantung. Kelesterol bisa disebut tinggi ketika sudah mencapai angka 240mg/dl.

Masih banyak sekali orang yang awam dengan penyebab naiknya kadar kolesterol tersebut. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol.

  • Pola makan buruk meliputi kegemaran dalam mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh seperti gorengan dan junk food.
  • Kegemukan atau obesitas.
  • Kurang gerak dan olahraga.
  • Gemar merokok.
  • Menderita penyakit kronis seperti liver, ginjal, dan gangguan tiroid.
  • Dapat pula karena gen.
  • Wanita yang telah menopause.
  • Faktor usia (umur 45-55 tahun adalah yang paling berisiko)
  • Dan lain sebagainya

Gejala dan ciri kolesterol tinggi

Pada penderita kolesterol tinggi, biasanya mereka akan merasakan gejala-gejala seperti berikut:

  • Dada terasa sakit dan mengalami sesak napas
  • Nyeri pada bagian tangan dan kaki yang disertai pelemahan pada otot kaki
  • Keadaan tubuh yang sangat lelah
  • Bagian punggung, leher, sampai kepala kerap terasa sakit
  • Kerap mengalami gangguan keseimbangan atau keseimbangan yang hilang
  • Wajah terlihat kemerahan
  • Kerap mengalami rasa mual yang menyebabkan muntah
  • Emosi yang tidak stabil
  • Kesemutan pada bagian tubuh sering terjadi

Untuk anda semua yang pernah mengalami gejala di atas atau malah sekarang tengah mengalaminya, ada baiknya untuk menyegerakan diri memeriksakan ke dokter. Karena apabila dalam pemeriksaan anda menerima vonis bahwa kolesterol dalam tubuh anda meninggi, anda dapat melakukan prosedur pengobatan sejak dini.

Bagaimana jika kolesterol tidak diobati?

Keadaan di mana kolesterol yang meninggi dapat mengakibatkan aterosklerosis, yaitu terjadi penumpukan plak pada dinding pembuluh darah arteri. Hal tersebut dapat menyebabkan tersumbatnya sebagian maupun keseluruhan aliran darah dan mengakibatkan penyakit jantung koroner. Apabila aterosklerosis terjadi pada reteri koroner, seorang penderita mungkin akan merasakan rasa nyeri dada atau angina, juga berbagai gejala penyakit jantung yang lain.

Dengan berjalannya waktu, plak yang menempel dapat pecah yang mana menyebabkan suatu gumpalan darah dapat tercipta pada permukaan plak. Apabila gumpalan darah lumayan besar, hal itu dapat menjadi penghalang aliran darah untuk sampai ke jantung juga menyebabkan otot jantung menjadi kekurangan oksigen. Bila aliran darah tak dapat pulih dengan segera, bagian otot pada jantung akan mulai mati sehingga serangan jantung dapat kapanpun terjadi.

Selain itu, plak juga dapat terbentuk di daerah arteri yang membawa darah yang mengandung banyak oksigen ke daerah otak dan juga ke seluruh badan. Ini akan menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat sehingga mengakibatakan berbagai macam penyakit seperti, arteri karotid, arteri perifer,  juga stroke.

Obat yang bisa menurunkan kolesterol dengan alami

Selain dapat menjalani pengobatan secara medis, namun pula tak menutup kemungkinan untuk melakukan pengobatan secara alami karena tidak memerlukan biaya yang besar juga bahannya yang mudah didapat.

  1. Bawang putih

bawang putih untuk mencegah kolesterol
http://familinia.com

Bawang putih memang sangat terkenal khasiatnya. Selain dapat digunakan sebagai penyembuh jerawat, umbi yang memiliki aroma khas ini juga bisa digunakan untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti kanker dan kolesterol.

Cara untuk menurunkan kolesterol menggunakan bawang putih adalah dengan memakan 3 sampai 4 siung bawang putih setiap hari.

Apabila anda merasa tidak kuat dengan rasanya yang tidak enak, atasi dengan meminum dua gelas air. Cara tersebut juga baik untuk pencegahan dehidrasi karena zat diuretik yang ada di dalam bawang putih.

  1. Bawang merah

bawang merah untuk kolesterol
https://resepkoki.id

Saudara dari bawang putih ini juga memiliki khasiat yang tak kalah dari bawang putih. Caranya dengan memakan bawang merah yang masih mentah (dapat juga dicampurkan dengan bumbu masakan) dapat menurunkan kadar kolesterol. Apabila anda juga tak tahan dengan rasanya, maka minumlah air putih untuk menetralisirnya.

  1. Jus jeruk

jus jeruk untuk mengatasi kolesterol
https://lifestyle.okezone.com

Dibanding dua bahan di atasnya, bahan yang satu ini pasti disukai oleh hampir semua kalangan baik yang muda sampai yang tua. Jeruk sendiri adalah buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Cara penggunaan jeruk untuk menurunkan kolesterol adalah dengan menjadikannya jus.

Campur dengan air hangat supaya menjadi lebih larut, setelah itu aduk. Minum sebanyak kira-kira 3 buah cangkir setiap hari.

Akan lebih baik apabila jus ini diminum sebelum makan dan bukannya sesudahnya. Gunanya selain agar kolesterol menurun, meminum jus ini terlebih dahulu juga membuat anda kenyang lebih awal.

  1. Air ketumbar

air ketumbar untuk kolesterol
http://www.sapasehat.com

Ketumbar adalah salah satu bumbu masakan yang populer di Indonesia. Hampir semua masakan tradisional yang digoreng pasti memakai bumbu ini. Ternyata ketumbar tak hanya bagus dijadikan bumbu saja, di sini ketumbar juga dapat menurunkan kolesterol anda.

Caranya adalah dengan memasak 2 sendok ketumbar dengan menggunakan air mendidih. Saringlah, lantas dinginkan sebelum anda meminumnya.

Ramuan ini dapat diminum sebanyak 2 kali dalam sehari, pada waktu pagi dan sore. Apabila anda tidak suka rasanya, dapat pula menambahkan madu sebagai pemanis.

  1. Minyak ikan salmon

minyak ikan salmon untuk kolesterol
https://www.bukalapak.com

Minyak ikan memang banyak dikonsumsi oleh manusia karena kandungannya yang menyehatkan. Anak-anak seringkali disuruh untuk meminumnya setiap hari agar badan selalu sehat dan otak menjadi lebih pintar.

Ikan salmon sendiri mengandung omega-3 yang sudah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol yang jahat. Apabila tingginya kolesterol membuat anda merasakan migrain, segeralah mengonsumsi menu ikan terutama ikan salmon ini.

Bagi sebagian orang minyak ikan memiliki rasa yang tidak cocok dilidah, namun begitu, mengonsumsi minyak ikan salmon sangat dianjurkan karena baik untuk menurunkan kolesterol. Sebelum anda membeli suplemen minyak ikan salmon, pastikan dulu di dalamnya tidak ditambahkan dengan bahan-bahan kimia lain.

  1. Cuka sari apel

cuka apel untuk kolesterol
http://intisari.grid.id

Cuka yang terbuat dari sari apel ini memang banyak direkomendasikan oleh berbagai macam kalangan karena khasiatnya dalam hal kesehatan dan kecantikan.

Untuk menurunkan kolesterol, cuka sari apel ini dapat diminum. Namun bagi penderita maag haruslah berhati-hati dengan kandungan asamnya.

Cara untuk membuat ramuan ini adalah dengan meminum satu sendok teh cuka apel yang telah dicampurkan dengan air hangat. Cara ini dapat dilakukan hingga 40 hari supaya mendapatkan kesembuhan yang maksimal.

Tapi ingat, anda harus tetap mengombinasikan dengan gaya hidup dan pola makan sehat.

  1. Teh hitam

teh hitam untuk kolesterol
https://hellosehat.com

Ada banyak jenis teh di muka bumi ini. Teh yang paling terkenal adalah teh hitam, teh yang paling umum ditemukan di setiap meja masyarakat Indonesia setiap pagi atau sore hari, dan teh hijau yang terkenal akan khasiatnya yang luar biasa dalam bidang kecantikan dan kesehatan kulit. Di sini teh yang dapat dijadikan alternatif untuk menurunkan kolesterol adalah teh hitam.

Caranya hanya dengan meminum teh ini tanpa gula setiap hari. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, meminum teh hitam tanpa gula dapat menurunkan kolesterol sekitar 10% dalam waktu satu minggu. Imbangilah cara ini dengan tetap menjaga berat badan seimbang.

  1. Oatmeal

oatmeal untuk kolesterol
https://www.chowhound.com

Jenis makanan satu ini sudah sering malang melintang di layar kaca yang mengiklankan tentang manfaatnya bagi kesehatan.

Dengan kita mengonsumsi semangkuk oatmeal setiap harinya akan dapat dengan efektif menurunkan kadar kolesterol.

Oatmeal sendiri terbuat dari biji oat yang kaya akan serat sehingga membuat anda terhindar dari penyakit sembelit atau penyakit tentang pencernaan yang lainnya.

  1. Minyak kelapa murni

minyak kelapa untuk kolesterol
http://ganlob.com

Minyak kelapa memang menjadi salah satu minyak alami yang sangat baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan. Khasiatnya yang sungguh luar biasa ini telah menarik perhatian orang-orang di seluruh dunia.

Dalam hal ini minyak kelapa yang masih murni berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena kandungannya yang dapat membuat produksi kolesterol baik manjadi meningkat.

Caranya adalah dengan menambahkan minyak ini ke dalam makanan anda, atau anda juga bisa meminum 1 sampai 2 sendok makan setiap hari.

  1. Cokelat bubuk hitam

cokal untuk kolesterol
https://food.detik.com

Cokelat adalah salah satu makanan yang paling digemari oleh mayoritas penduduk dunia. Rasanya yang manis dan lembut karena dicampur dengan susu dan gula menjadikannya candu. Anak-anak bahkan sangat semangat ketika memakan atau meminum produk yang mengandung cokelat.

Namun untuk menurunkan kolesterol, cokelat yang digunakan adalah cokelat bubuk hitam. Caranya adalah dengan menyampurnya dengan air hangat. Jangan pernah menambahkan gula ke dalamnya atau usaha anda akan sia-sia.

Apakah perlu meminum obat kolesterol?

Mengubah pola hidup yang masih tak beraturan menjadi lebih sehat adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Namun selain cara itu dengan mengonsumsi obat kolesterol yang sesuai dengan resep dokter juga akan menurunkan kadar kolesterol.

Obat kolesterol sendiri dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 50% lebih cepat dari cara yang lain. Maka dari itu banyak orang yang tak mau repot-repot membuat sendiri obat kolesterolnya dan mengalihkan atensi ke obat yang diresepkan oleh dokter.

Cara kerja obat kolesterol adalah dengan cara menghalangi zat yang diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk menciptakan kolesterol, meminimalkan kandungan trigliserida di dalam tubuh, juga membantu menyerap kolesterol dan juga membuangnya dari dalam tubuh. Obat kolesterol yang sering digunakan adalah atorvastatin, simvastatin, rosuvastatin, lovastatin, dan pravastatin.

Namun begitu anda tidak dapat mengandalkan obat kolesterol saja. Anda masih wajib menjaga kadar LDL dan HDL tetap normal melalui cara berolahraga dan mengontrol asupan makanan.

Selain itu anda juga masih tidak bebas untuk makan apa saja yang anda sukai karena kandungan statin dalam obat kolesterol dapat menyebabkan efek samping berupa pusing, nyeri sendi dan otot, kerusakan otot, masalah pencernaan, dan diabetes melitus 2.

Jika anda ingin menggunakan obat kolesterol, anda harus mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter supaya anda tidak salah obat.

Demikianlah ulasan kami tentang cara menurunkan kolesterol secara alami maupun dengan obat. Semoga informasi ini dapat membantu anda sekalian. Terimakasih.

Leave a Comment