obat sakit gigi paling mujarab

Cara Obati Sakit Gigi Paling Ampuh Sampai Keakar-Akarnya

Obat Sakit Gigi – Sakit gigi menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia pun banyak yang mengeluhkan sakit gigi. Bukan tanpa alasan, sebab ketika tengah sakit gigi, semua serba salah, semua serba tidak enak, dan sangat tidak nyaman. Bahkan, banyak dari penderita sakit gigi yang sangat jengkel ketika mendengar orang lain berisik.

Karena banyak yang tidak tahan dengan rasa sakit gigi ini, maka sudah pasti kita ingin segera sakit gigi ini hilang dan sembuh seterusnya. Namun lagi-lagi kita belum tahu bagaimana cara mengatasi sakit gigi tersebut. Terlebih jika kita tipe orang yang takut dokter, jadi mau tidak mau kita harus berusaha mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Penyebab Sakit Gigi

Sebelum membicarakan tentang obat sakit gigi, hal pertama yang perlu diketahui adalah penyebab sakit gigi tersebut. Kita akan kesulitan mengobati sakit gigi apabila belum mengetahui sebab-sebabnya. Apalagi penyebab sakit gigi itu banyak macamnya, jadi cara mengobatinya pun berbeda-beda. Lalu apa saja  penyebab sakit gigi? Berikut ulasannya.

1. Jarang Menyikat Gigi

Jarang Menyikat Gigi

Apabila kita jarang menyikat gigi, sudah pasti jika cepat atau lambat gigi kita akan menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang. Oleh karena itu usahakan untuk rajin menyikat gigi, minimal 2 kali sehari. Pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur adalah waktu yang disarankan untuk menyikat gigi. Namun pastikan juga bahwa kita menyikat gigi dengan benar supaya gigi benar-benar bersih dan tidak ada sedikitpun sisa makanan yang tertinggal.

2. Cara sikat gigi yang keliru

Cara sikat gigi yang salah

Sudah disinggung sebelumnya bahwa kesalahan dalam menyikat gigi juga bisa menyebabkan sakit gigi. Menyikat gigi dengan cara asal-asalan tanpa memastikan bersih tidaknya gigi adalah percuma. Sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi nantinya akan berkembang menjadi bakteri.

Apabila sisa-sisa makanan pada gigi bertambah banyak, hal ini tentu saja menjadikan bakteri berkembang biak dengan cepat. Coba periksa kembali gigi kita, apakah ada yang keropos dan terkikis atau tidak? Jika ada, itu artinya bakteri sudah berangsur mengikis gigi. Dan apabila tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin gigi menjadi berlubang dan sakit gigi pun menyerang.

3. Gigi berlubang

obat sakit Gigi berlubang

Penyebab sakit gigi yang paling sering dijumpai adalah karena gigi berlubang. Gigi yang berlubang akan menjadi ruang bagi sisa-sisa makanan. Nantinya, sisa-sisa makanan tersebut akan diurai oleh bakteri. Lama kelamaan gigi akan terkikis hingga mencapai syaraf gigi. Inilah yang akhirnya menjadikan kita mengalami sakit gigi.

4. Berlebihan mengonsumsi makanan manis

mengonsumsi makanan manis penyebab sakit gigi

Tidak sedikit dari kita yang menyukai makanan atau minuman manis. Apalagi biasanya kita mengawali hari dengan minum teh atau kopi, belum lagi makanan manis lainnya. Padahal makanan atau minuman manis juga bisa membuat bakteri betah tinggal di dalam mulut. Bakteri ini nantinya mengubah fruktosa, sukrosa dan glukosa menjadi asam laktat. Nah, asam laktat inilah yang dapat mengikis gigi. Untuk itu mulai batasi konsumsi gula harian kita. Jangan tunggu sampai sakit gigi menyerang, sebab gigi yang terkikis atau berlubang tidak akan bisa utuh kembali.

5. Alat yang Tidak Tepat

Alat yang Tidak Tepat

Selain cara yang salah dalam menyikat gigi, kekeliruan dalam memilih alat untuk menyikat gigi juga menjadi salah satu penyebab sakit gigi. Pemilihan pasta gigi dan brush gigi ini perlu diperhatikan. Banyak produk sikat gigi yang dijual di pasaran, tapi tidak semuanya cocok untuk diterapkan pada gigi kita. Demikian pula dengan pasta gigi, dimana tidak semua pasta gigi cocok dengan gigi kita.

Apalagi jika gigi kita adalah gigi sensitif, dimana pemilihan brush dan pasta giginya pun harus disesuaikan dengan kondisi gigi. Secara umum, pasta gigi yang disarankan adalah pasta gigi yang mengandung flouride. Flouride ini berperan memperkuat gigi dan melindungi gigi dari asam laktat yang dihasilkan bakteri.

6. Karies Gigi

Karies Gigi penyebab sakit gigi

Karies gigi menyebabkan kerusakan pada struktur gigi. Selain itu gigi berlubang juga bisa terjadi karena adanya karies gigi. Karies gigi terbentuk akibat sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan yang lama kelamaan mengeras dan menjadi plak. Plak ini menjadi tempat tinggal bakteri. Plak yang tidak segera dihilangkan akan mengikis gigi. Namun membersihkan karies gigi ini tidaklah mudah, apalagi yang letaknya berada di sela-sela gigi.

Proses Terjadinya Sakit Gigi

penyebab Sakit Gigi

Infeksi bakteri menjadi sebab sakit gigi yang paling utama. Bakteri ini merusak enamel gigi. Bagian syaraf gusi yang sudah rusak akan terasa sakit. Jadi dapat disimpulkan bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi hanya sebagai faktor saja.  Sedangkan penyebab sakit gigi adalah bakteri. Selain itu juga ada penyebab lain, yakni retaknya lapisan email gigi yang berakibat gigi menjadi sensitif hingga sakit gigi.

Gigi berlubang yang tidak sampai menyentuh syaraf gusi  tidak akan menimbulkan sakit gigi. Namun apabila lubang gigi tersebut sudah menembus bagian bawah, maka sakit gigi bisa terjadi. Bakteri yang tinggal pada gigi akan menimbulkan penumpukan asbes pada gigi yang berlubang, menimbulkan infeksi gusi dan juga membuat gigi menjadi sakit.

Sampai disini bisa ditarik poin pentingnya, dimana penyebab utama sakit gigi adalah bakteri. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasinya, bakteri yang bersarang pada gigi dan mulut harus segera dihilangkan supaya tidak menimbulkan infeksi pada gusi.

Obat Sakit Gigi Berlubang

Obat Sakit Gigi Berlubang alami

Saat kita sakit gigi, biasanya orang akan langsung menghakimi bahwa kita tidak rajin gosok gigi. Padahal, yang sudah rajin gosok gigi 2 kali sehari pun tidak sedikit yang sakit gigi. Jadi masalahnya dimana? Ya dari cara menggosok giginya. Gosok gigi dianggap sebagai kegiatan yang mudah untuk dilakukan, sehingga banyak yang meremehkan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Jadi tidak cukup dengan menggosok gigi 2 kali sehari jika cara menggosok gigi yang dilakukan pun masih salah. Alhasil gigi tidak bisa bersih maksimal dan bakteri bisa berkembangbiak dengan mudah.

Karena sudah diketahui bahwa bakteri adalah penyebab utama sakit gigi, jadi PR kita adalah menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi tersebut. Dibutuhkan antibiotik atau antiseptik untuk mengatasinya. Untuk anstiseptik ini bisa dibeli di apotek atau mendapat resep dari dokter.

Namun apabila kita tidak ingin ribet dengan datang ke dokter, kita dapat memanfaatkan bahan alami yang di dalamnya terdapat antiseptik. Terdapat dua cara untuk mengatasi sakit gigi, yakni mengatasi dari dalam dan dari luar. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Obat Sakit Gigi dari Luar

Cara mengatasi sakit gigi dari luar ini tidak jauh-jauh dari pemanfaatan obat-obat antibakteri maupun antiseptik, meski begitu, obat-obat yang dimaksud bukanlah obat-obatan kimia. Berikut adalah yang disarankan:

1. Jeruk Nipis

jeruk nipis obat sakit gigi alami

Jeruk nipis memiliki kandungan senyawa asam sitrat yang mampu membunuh bakteri dan menghambat perkembangan bakteri. Inilah salah satu alasan mengapa jeruk nipis sering dijadikan sebagai pengawet. Jeruk nipis juga merupakan antiseptik alami. Untuk mengatasi sakit gigi, manfaatkan air perasan jeruk nipis yang sudah dicampur air hangat sebagai obat kumur. Lakukan secara rutin hingga sakit gigi berangsur sembuh.

2. Garam

obat sakit gigi garam

Sepertinya sudah banyak yang tahu jika garam ini sering dimanfaatkan sebagai obat alami. Kandungan rasa asin pada garam ini mampu menghentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut dan gigi. Larutkan garam pada segelas air kemudian manfaatkan untuk berkumur. Lakukan 2 kali sehari supaya sakit gigi segera hilang.

3. Daun Sirih

daun sirih obat sakit gigi

Hingga kini masih banyak masyarakat yang mengandalkan daun sirih sebagai obat tradisional. Daun sirih juga mempunyai kandungan antiseptik sehingga mampu mengatasi bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, daun sirih juga memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu meminimalisir peradangan yang terjadi dalam lubang gigi.

Caranya; rebus beberapa lembar daun sirih kemudian tunggu sampai airnya mendidih dan berubah warna. Apabila sudah, dinginkan air tersebut dan manfaatkan sebagai obat kumur. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya lakukan secara rutin.

4. Lemon

lemon sebagai obat sakit gigi

Apabila jeruk nipis memiliki asam sitrat, maka sama halnya dengan lemon ini. Lemon mempunyai kandungan antiseptik yang juga bisa membantu membunuh bakteri. Caranya; perasan air lemon ditambahkan dengan air hangat, kemudian langsung gunakan untuk berkumur.

5. Bawang Putih

Bawang Putih obat sakit gigi

Bawang putih yang umumnya dijadikan bumbu masak ini memiliki kandungan antiseptik yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih ini cukup mudah. Kita hanya perlu menghaluskan satu siung bawang putih lalu ditambah garam sedikit. Kemudian oleskan campuran tadi pada bagian gigi yang sakit.

6. Biji Asam Jawa

Biji Asam Jawa untuk sakit gigi

Jika biasanya biji asam jawa dibuang begitu saja, kali ini kita harus bersahabat dengan biji asam Jawa karena biji asam Jawa dapat kita manfaatkan untuk menyembuhkan sakit gigi. Untuk itu, sangrai beberapa biji asam Jawa kemudian dihaluskan. Apabila sudah halus kita bisa langsung mengoleskan pada bagian gigi yang sakit.

Selain bijinya, daun asam Jawa juga mempunyai kandungan antiseptik. Itu artinya kita juga memanfaatkan daunnya untuk mengatasi bakteri penyebab sakit gigi.  Caranya; siapkan daun asam secukupunya, cuci dengan air hingga bersih kemudian rebus. Jika sudah, dinginkan air rebusan daun asam dan gunakan airnya sebagai obat kumur.

7. Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh obat sakit gigi

Belimbung wuluh ini dikenal dengan rasanya yang sangat asam. Ukurannya kecil, tidak seperti buah belimbing yang sering dijadikan suguhan. Belimbing wuluh ini biasanya dimanfaatkan untuk perasa makanan.

Ternyata banyak manfaat di balik rasa asam belimbing wuluh ini, yakni bisa dijadikan obat alami untuk atasi sariawan, jerawat, diabetes dan lainnya. Belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi, cukup mengunyahnya sembari ditambahkan sedikit garam. Pastikan kita tahan dengan rasa asamnya ya.

8. Bawang Merah

Bawang Merah obati sakit gigi

Serupa dengan bawang putih, bawang merah juga mempunyai kandungan antiseptik alami. Caranya juga mudah, kita hanya perlu menghaluskan bawang merah dan mencampurnya dengan sedikit garam lalu bisa langsung mengoleskannya pada gigi yang berlubang.

9. Air Kelapa

Air Kelapa atasi sakit gigi

Selama ini air kelapa kita kenal sebagai minuman yang bisa dijadikan pengganti ion tubuh. Dan ternyata air kelapa juga mempunyai kandungan antiseptik alami. Manfaatkan air kelapa untuk berkumur. Namun yang disarankan adalah kelapa yang sudah sedikit tua dan memiliki ketebalan daging kelapa kurang lebih 1 cm. Pada kelapa tua, kandungan gulanya lebih sedikit sehingga bisa meminimalisir rasa sakit pada gigi yang berlubang.

Tak hanya itu saja, sebab kelapa yang sudah tua ini memiliki kandungan minyak yang lebih banyak. Ini penting, karena semakin tua sebuah kelapa, maka semakin banyak antiseptik yang dibawanya.

10. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji mengobati sakit gigi

Sejak dahulu daun jambu biji sudah dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi diare. Hal ini tidak terlepas dari kandungan antiseptik yang terdapat pada daun jambu tersebut. Selain untuk mengatasi diare, daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bau badan.

Antiseptik yang ada pada daun jambu biji ini juga bisa menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Cukup dengan mengunyah daun muda jambu biji hingga halus sudah bisa meminimalisir sakit gigi. Cara lain adalah dengan merebus daun jambu biji dan menambahkan sedikit garam, manfaatkan air rebusan untuk kumur.

Obat Sakit Gigi dari Dalam

Mengobati Sakit Gigi dari Dalam dengan air kelapa

Selain dapat mengatasi sakit gigi dari luar, kita juga bisa berupaya mengatasi sakit gigi dari dalam. Jika bahan-bahan di atas kita manfaatkan sebagai obat luar, maka dalam poin ini kita akan mengulas tentang antibiotik atau antiseptik yang bisa kita konsumsi dan dimanfaatkan menjadi pengobatan sakit gigi dari dalam.

Nantinya antiseptik ini berperan mengatasi bakteri dari dalam yang telah dialirkan melalui peredaran darah. Tidak perlu cemas, sebab antiseptik yang digunakan adalah antiseptik alami.

Minuman yang memiliki kandungan antiseptik adalah air kelapa. Jika pengobatan dari luar mengandalkan kelapa yang sudah tua, maka untuk pengobatan dari dalam ini  kita memanfaatkan air kelapa muda. Air kelapa muda ini memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi demam dan luka.

Hebatnya lagi, air kelapa ini mempunyai kandungan asam laurat yang bisa menjadi antiseptik, antivirus, antibakteri, antijamur dan lain sebagainya. Mengingat kandungannya begitu lengkap, maka air kelapa inilah yang selalu dijadikan andalan untuk obat sakit gigi dari dalam.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk obat sakit gigi sampai keakar-akarnya. Karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami, jadi kita tidak perlu khawatir akan efek samping yang mungkin terjadi. Akan tetapi, apabila sakit gigi tak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, ada baiknya jika kita memutuskan untuk pergi ke dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, penting untuk diperhatikan juga apabila suatu ketika kita mendapati darah atau asbes pada gigi yang berlubang, itu artinya tindakan yang harus dilakukan adalah mengeluarkan asbes tersebut. Hal ini dikarenakan asbes tersebutlah yang menjadi sarang bakteri, jadi supaya bakteri bisa dihilangkan dengan sempurna, maka asbes haruslah dihilangkan terlbih dulu.

Asbes ini dapat dihilangkan dengan cara mencongkelnya (ini pun jika kita berani). Jangan lupa siapkan kompres es batu pada selembar handuk, lalu tempelkan pada bagian pipi yang areanya dekat dengan gigi yang bermasalah. Akan tetapi cara ini tidak disarankan, sebab akan lebih baik jika kita meminta bantuan dokter untuk menghilangkan asbes tersebut.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Leave a Comment