Radang Tenggorokan

Anda Radang Tenggorokan? Sembuhkan Dengan Cara Ini!

Faringitis atau biasa dikenal oleh masyarakat luas dengan sakit tenggorokan adalah inveksi virus atau bakteri yang menyerang pada bagian tenggorokan, seperti penyakit pilek.

Pada saat memasuki usia dewasa, kekebalan tubuh terhadap sakit tenggorokan barulah terbentuk, oleh karenanya penyakit tenggorokan lebih sering dijumpai pada anak-anak dan remaja. Sakit tenggorokan ditandai dengan rasa sakit saat tengah menelan makanan dan beberapa gejala lainnya seperti pusing/sakit kepala, pembesaran kelenjar di leher, radang tenggorokan, dan perubahan tonsil atau amandel menjadi kemerahan.

Gejala sakit tenggorokan

Gejala Radang Tenggorokan

  1. Rasa nyeri pada sendi
  2. Batuk dan hidung meler
  3. Kelelahan
  4. Demam

Demam yang terjadi kala tengah mengalami sakit tenggorokan haruslah segera ditangani. Karena hal itu akan ada kemungkinan menimbulkan komplikasi dari penyakit lainnya. Pada umumnya penyakit tenggorokan dapat sembuh dalam kurun waktu 3-4 hari tanpa harus mengonsumsi berbaga macam obat.

Selain itu anda juga dapat mengonsumsi obat-obatan herbal yang alami yang dapat meredakan gejala pada sakit tenggorokan. Sistem imun yang menurun akibat tengah mengalami penyakit tertentu atau sedang mengonsumsi obat  adalah penyebab umum penderita mengalami sakit tenggorokan.

Berikut ini adalah komplikasi yang dapat terjadi akibat sakit tenggorokan :

  1. Pengidap penyakit kanker darah atau leukemia.
  2. Mereka yang memiliki masalah pada organ sumsum tulang yang tidak dapat menghasilkan sel-sel darah yang mencukupi. Kondisi seperti ini lebih dikenal luas dengan penyakit anemia aplastik.
  3. Penderita penyakit HIV AIDS.
  4. Penderita asplenia, atau saat organ limpa telah diangkat atau tidak dapat bekerja dengan semestinya.
  5. Orang yang mengalami nyeri pada sendi dan sedang mengonsumsi obat jenis disease modifying anti-rheumatic drug a.k.a DMARD. Dan efek samping ketika mengonsumsi obat jenis ini ialah penurunan sistem imun tubuh.
  6. Pasien kemoterapi.
  7. Pasien yang tengah menjalani prosedur pengobatan carbimazole dan anti tiroid.
  8. Pasien yang tengah melakukan prosedur transplantasi organ tubuh dan juga tengah mengonsumsi obat-obatan yang dapat memnyebabkan kerja imun berhenti atau imunosupresan.

Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, namun pada umumnya sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri dan seperti berikut :

  1. Coronavirus, parainfluenza, dan rhinovirus sebagai penyebab yang umum.
  2. Virus influenza tipe A dan B sebagai penyebab penyakit flu.
  3. Adenovirus penyebab radang selaput mata.
  4. Virus herpes tipe I penyebab luka yang melepuh di daerah sekitaran mulut.
  5. Bakteri strptokokal penyebab infeksi streptokokal.
  6. Virus Epstein Barr penyebab demam kelenjar.
  7. Penyakit cacar air.
  8. Penyakit difteri atau pernapasan darah.

Infeksi pada sakit tenggorokan umumnya terjadi di tempat dan fasilitas umum. Juga melalui sentuhan secara langsung dengan penderita atau pada benda yang telah terkena virus. Lalu virus flu menyebar melalui udara pada orang yang tengah mengalami infeksi penyakit batuk, saat tengah berbicara atau bersin.

Infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan pada tonsil yang sebelah kanan dan sebelah kiri yang santer dikenal dnegan sebutan tonsilitis atau radang amandel, juga bagian belakang tenggorokan.

Berikut adalah faktor-faktor yang memicu sakit tenggorokan tidak menular :

  1. Otot yang tegang akibat sering berteriak.
  2. Penyakit tumor yang mengandung kanker di tenggorokan, laring dan lidah.
  3. Iritasi pada bagian tabung nasogastrik yaitu tabung yang dipakai saat seorang pasien tidak mampu makan makanan dan minum melalui mulut lagi. Tabung ini pada umumnya melalui hidung ke perut dengan maksud agar bisa meneruskan makanan berbentuk cair.
  4. Alergi terhadap spora atau sari.
  5. Menderita leukemia atau kanker darah.
  6. Penyakit asam lambung yang tinggi.
  7. Iritasi akibat merokok dan alkohol.
  8. Penyakit kawasaki yang biasanya ada pada balita.
  9. Radang pada selaput mulut.

Obat Radang Tenggorokan Alami

1. Lemon

lemon obat radang tenggorokan

Tak ada yang perlu diragukan dari banyaknya manfaat lemon bagi kesehatan. Lemon adalah buah yang banyak sekali mengandung vitamin C yang sangat efektif dalam mengobati batuk.

Selain itu, lemon juga dapat digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Kandungan astringen dan vitamin C dalam buah lemon diyakini dapat mengobati sakit tenggorokan.

Caranya:

  • Siapkan satu buah lemon ukuran sedang.
  • Peras lemon tersebut dan campurkan hasil perasan ke dalam segelas air hangat.
  • Lalu minum. Perasan lemon ini dapat membuat tenggorokan terasa lebih nyaman dari sebelumnya karena sifatnya yang anti peradangan. Ramuan ini dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang berada di dalam tenggorokan.

2. Madu

Madu untuk radang tenggorokan

Siapa yang menyangkal banyaknya manfaat dari cairan kental dan manis ini? Madu sangat bermanfaat sebagai anti-bakteri, anti jamur, dan juga antivirus sehingga sangat wajar melihat banyak orang yang menggunakannya untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan pun dapat dilenyapkan dengan madu.

Caranya:

  • Sediakan 1 sendok madu.
  • Sediakan juga segelas air hangat.
  • Masukkan madu tersebut ke dalam air hangat lalu aduk agar tercampur rata.
  • Minumlah ramuan ini pada pagi dan malam hari.

3. Cengkeh

Cengkeh radang tenggorokan

Cengkeh biasanya dipakai untuk bahan tambahan penguat rasa makanan. Namun ternyata cengkeh juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Caranya:

  • Sediakan bubuk cengkeh sebanyak satu sampai tiga sendok teh.
  • Sediakan air hangat.
  • Campurkan bubuk cengkeh tersebut ke dalam air hangat.
  • Aduk hingga rata lalu gunakanlah untuk kumur-kumur selagi masih hangat.
  • Manfaat berkumur dengan cengkeh ini adalah untuk membunuh bakteri juga mencegah peradangan pada tenggorokan hingga sakit tenggorokan bisa lekas sembuh.

4. Bawang Putih

Bawang Putih untuk radang tenggorokan

Masyarakat Indonesia pasti tak pernah absen memasukkan bahan satu ini sebagai bumbu masakannya. Bawang putih sendiri terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan antiseptik yang terkandung dalam bawang putih membuatnya mampu untuk mengobati sakit tenggorokan. Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan allicin yang juga diyakini dapat membunuh bakteri.

Caranya:

  • Sediakan 1 siung bawang putih lalu kupas kulitnya.
  • Kunyah bawang putih itu dan diamkan di tenggorokan selama beberapa saat.
  • Lalu kumur menggunakan air hangat.
  • Akan lebih efektif apabila anda meminum teh hangat atau air jahe setelah mengunyah bawang putih.

5. Buah Belimbing

Buah Belimbing

Buah belimbing memiliki rasa asam sehingga kadang orang memasukkannya ke dalam masakan agar cita rasanya menjadi lebih kaya. buah yang jika dipotong bentuknya seperti bintang ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Buah belimbing bisa untuk mengobati sariawan dan sakit tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat radang tenggorokan.

Cara menjadikannya obat sakit tenggorokan sangatlah mudah, anda hanya perlu mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi jus.

6. Teh Chamomile

Teh Chamomile

Bukan hanya teh hangat dengan campuran lemon yang dapat dipakai untuk mengobati sakit tenggorokan. Teh cahmomile pun juga bisa. Teh ini dapat menyembuhkan sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh peradangan. Teh inipun juga mudah ditemukan di toko-toko terdekat.

Cara membuatnya sungguh mudah, yang anda lakukan hanya mencelupkan 2 buah kantung teh chamomile ke dalam cangkir yang berisi air panas yang mendidih. Jika perlu anda juga dapat menambahkan madu agar teh dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dengan maksimal.

7. Kunyit

Kunyit radang tenggorokan alami

Kunyit adalah salah satu tanaman TOGA yang sejak dulu dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah sakit tenggorokan. Kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan akan musnah karena sifat antibakteri dalam kunyit.

Caranya:

  • Sediakan sebuah kunyit ukuran sedang lalu cuci bersih.
  • Parut kunyit tersebut dan peras airnya.
  • Campurlah perasan kunyit dengan segelas air hangat.
  • Minum ramuan ini pada pagi dan ketika akan tidur.

8. Daun Kemangi

Daun Kemangi

Daun yang biasanya dijadikan lalapan bersama timun dan sambal ini ternyata memiliki khasiat lain dalam kesehatan. Selain dapat dimanfaatkan sebagai penghilang bau badan, ternyata daun kemangi dapat juga digunakan sebagai obat sakit tenggorokan karena sifat antibakterinya.

Caranya:

  • Siapkan 100 gr daun kemangi segar, lalu cuci sampai bersih.
  • Rebus daun kemangi tersebut dengan dua gelas air hangat.
  • Terus rebus hingga air tersisa setengah gelas, lalu gunakan untuk kumur-kumur.

Obat Sakit Tenggorokan Herbal

Obat Sakit Tenggorokan Herbal

Untuk mengobati sakit tenggorokan tak perlu repot-repot langsung ke dokter. Di bumi ini sudah tersedia banyak sekali tanaman obat yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain murah meriah, obat seperti itu juga sangat mudah ditemukan.

Pengolahan obat sakit tenggorokan alami dan herbal ini juga tidak terlalu rumit. Hasilnya pun memuaskan jika anda teratur dan telaten menggunakannya. Obat sakit tenggorokan alami ini juga tidak kalah dari obat resep dokter.

Manfaat obat sakit tenggorokan

  1. Dapat meredakan sakit tenggorokan.
  2. Dapat mengurangi gejala pada radang tenggorokan.
  3. Dapat mengatasi radang tenggorokan.
  4. Sebagai pereda demam dan mengatasi tenggorokan yang kering.

Kandungan dalam obat sakit tenggorokan

1. Andrographis Paniculata Herba (Sambiloto)

Sambiloto adalah salah satu jenis tanaman yang bagus untuk mengobati segala macam penyakit. Sambiloto memiliki sifat antiradang dan antibiotik sehingga dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan.

Selain itu, sambiloto juga bisa digunakan sebagai diuretia sehingga dapat untuk melancarakan air seni, meredakan demam, obat sakit perut, sebagai antitoksik alami, dan mengatasi radang amandel.

2. Hedyiotis Corymbosa Herba (Rumput Mutiara)

Rumput mutiara dipercaya mampu mengatasi radang tenggorokan.

Aturan minum obat sakit tenggorokan

  • Terapi pengobatan : 3 x sehari diminum 1-2 kapsul
  • Untuk pencegahan : 1 kapsul/hari
  • Kondisi akut dan kronis : pengobatan harus dilakukan selama 3-4 bulan

Itulah obat tradisional maupun medis yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan yang menyerang kita.

Leave a Comment